Rayakan HUT ke-78, Pemkab Sukoharjo Siapkan Panggung Hiburan Serentak di 5 Titik

Rayakan HUT ke-78, Pemkab Sukoharjo Siapkan Panggung Hiburan Serentak di 5 Titik

Terkini | sragen.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 15:20
share

SUKOHARJO, iNewsSragen.id -  lima panggung hiburan rakyat disiapkan Pemkab Sukoharjo untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukoharjo ke-78.  Panggung hiburan itu akan digelar serentak

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat menggelar jumpa pers usai membuka Jambore Kader Kesehatan ke-XVI di Tawangmangu, Karanganyar, Selasa (9/7/2024).

"Selain panggung hiburan juga ada kirab petikan disertai enam gunungan berisi hasil bumi dan jajanan khas dari masing-masing kecamatan," kata Bupati

Enam gunungan itu disebutkan berisi aneka jajanan seperti, jenang, karak, emping, tahu, dan kerajian tangan produk UMKM asli Sukoharjo.

"Gunungan akan dibawa kirab dari kantor Pemkab Sukoharjo sampai simpang lima atau tepatnya lokasi panggung utama untuk selanjutnya bisa diperebutkan masyarakat," terang Etik.

Menurut Etik, sepanjang kirab perayaan HUT Kabupaten Sukoharjo belum pernah ada arak-arakan gunungan hasil bumi, maupun hasil produksi cinderamata khas Sukoharjo.

Seperti biasanya, dalam rangkaian HUT Sukoharjo juga ada kegiatan anjangsana ke rumah keluarga mantan Bupati Sukoharjo dan ziarah ke TMP Kusuma Bhakti, Solo dan Astana Kendaran, Desa Kagokan, Kecamatan Gatak. Waktu pelaksanaan dari pagi hingga siang pada, 14 Juli 2024 

“Kemudian, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada malam tirakatan hari lahir Kabupaten Sukoharjo di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo pada, 14 Juli malam hari,” kata Etik.

 

Untuk lima panggung hiburan digelar pada 15 Juli 2024 malam, masing-masing panggung menyuguhkan sajian berbeda-beda menyesuaikan selera para penontonnya. Ada dangdut, campursari, dan band berbagai genre khususnya mengakomodir kelompok milenial.

“Nanti unsur Forkopimda Sukoharjo akan naik sepeda untuk menyapa masyarakat dari panggung ke panggung. Dan berhenti di panggung dekat Masjid Agung Sukoharjo,” imbuh Etik

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sukoharjo Agustinus Setiyono yang turut mendampingi bupati menambahkan, bahwa dalam HUT Sukoharjo kali ini juga ada beragam lomba untuk masyarakat.

"Ada lomba tenis, lomba futsal tingkat SLTA dan sederajat, lomba tinju dan lomba menyanyi lagu Jawa. Keempat lomba itu digelar di GOR Bung Karno Sukoharjo," terangnya

Menurut Agustinus, kegiatan lomba bertujuan mewadahi generasi muda yang memiliki bakat dan talenta tinggi sekaligus menyemarakkan HUT Sukoharjo ke-78.

“Nanti juga ada pagelaran wayang kulit yang digelar di enam lokasi dengan rentang waktu pelaksanaan mulai 19 Juli-24 Juli 2024. Jadi dua wilayah kecamatan digabung di satu lokasi wayang kulit,” tutupnya.

Topik Menarik