TNI AU Siapkan Radar Thales Buatan Prancis Jaga IKN

TNI AU Siapkan Radar Thales Buatan Prancis Jaga IKN

Terkini | siantar.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 14:30
share

JAKARTA, iNewsSiantar.id  - Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Adyawan Martono mengungkap, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dijaga radar Thales buatan Prancis.

Tidak hanya itu, Adyawan mengungkap, wilayah udara IKN juga akan diperkuat dengan senjata pertahanan udara atau air defense weapon. Pihaknya juga telah memetakan lokasi penempatan alat canggih tersebut.

"Penempatannya sudah kita rapatkan, tentunya nanti tidak di IKN-nya tapi sekitar IKN sehingga nanti bisa memback up wilayah udara di sekitar IKN," kata Adyawan di Griya Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).

"Kita juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN, tidak hanya radar, tetapi itu ada penugasan pesawat di sana, air defense weapon ada di sana," sambungnya.

Adyawan menjelaskan, radar buatan Eropa itu akan menggantikan beberapa radar lama yang sudah dimiliki Indonesia.

 

"Cukup banyak nanti, Sorong ada, Jayapura juga ada Tambolaka ada, daerah Sumatera ada, lengkap semuanya dan ada beberapa yang nanti menggantikan radar-radar kita yang lama. Radar kita yang lama kan teknologinya dari '70-'80-an kita ganti," jelasnya.

Topik Menarik