Jokowi Minta Kepala Daerah Tiru Bhutan dan Maldives, Maksimalkan Potensi Pariwisata

Jokowi Minta Kepala Daerah Tiru Bhutan dan Maldives, Maksimalkan Potensi Pariwisata

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 14:15
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah mengembangkan potensi lokal, mulai dari pangan, energi, industri, teknologi, hingga pariwisata. Presiden mencontohkan Bhutan yang berhasil menarik wisatawan meski tidak memiliki sumber daya alam.

Bhutan disebut mampu menarik pasar wisatawan ke negaranya.

"Saya berikan contoh. Bhutan, tidak punya minyak, gas,dan lingkungannya sangat alami, tradisi budayanya sangat terjaga, tapi dia tidak buka negaranya untuk turis sebanyak-banyaknya. Dia mengambil hanya volume tertentu di kuota, dan mengambil turis yang pasar atas, high value dan low volume," kata Jokowi di Rakernas XVI Apkasi di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

"Ini bisa kita tiru seperti ini. Banyak alam kita yang lebih bagus dari Bhutan," tambahnya.

Menurut Jokowi banyak kabupaten yang unik, tetapi kepala daerahnya tidak tahu bagaimana mengemas dan mempromosikannya secara maksimal. 

Selain Bhutan, Jokowi mencontohkan Maldives dengan keindahan pantainya. Menurut Jokowi, pantai-pantai di Indonesia tidak kalah menarik dengan Maldives.

"Dan 30 persen pendapatan Maldives berasal dari turisme. Tapi dia menciptakan segmen pariwisata baru. Misalnya ini, misalnya saya baca aja dan ini bisa ditiru, misalnya konferensi di tepi pantai, rapatnya di tepi pantai. Yang rapat tidak boleh pakai sepatu, nyeker, kan yang rapat seneng gitu," ujarnya.

Topik Menarik