Partai Perindo Beri Catatan untuk Plt Ketua KPU, Dorong Pilkada 2024 Ramah Disabilitas

Partai Perindo Beri Catatan untuk Plt Ketua KPU, Dorong Pilkada 2024 Ramah Disabilitas

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 12:37
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPP Bidang Inklusif dan Keberagaman Partai Perindo, Anjas Pranowo memberikan catatan penting bagi Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin yang baru saja dilantik. Beberapa catatan itu agar pelaksanaan Pilkada 2024 pada November mendatang bisa ramah disabilitas.

Anjas meminta agar KPU menyediakan kertas braille saat hari pencoblosan. Sebab jika tidak adanya kertas tersebut penyandang disabilitas netra yang akan mencoblos surat suara tentunya perlu pendamping di bilik suara.

Pendamping itu, tentunya bertentangan dengan asas pemilu yang bersifat bebas rahasia, jujur dan adil.

"Kertas surat suara itu yang diproduksi oleh KPU tidak ada satu pun yang kertas braille. Nah ini kan juga menjadi tanda tanya," ujar Anjas saat dihubungi, Senin (8/7/2024).

Infrastruktur sarana penyelenggaraan pemilu yang dilakukan KPU juga menurutnya masih sangat minim atau tidak aware terhadap teman-teman disabilitas. Temen-temen tuna daksa terkadang kesulitan menuju bilik suara karena keterbatasan yang dimiliki.

"Kemudian, KPU dalam arti penyelenggara itu juga harusnya bicara pada teman-teman daksa. Teman-teman yang memiliki akses terbatas sebenarnya harus di-push, untuk mereka (KPU) yang menjemput bola , teman-teman disabilitas di rumah mereka masing-masing," katanya.

Dia menegaskan penyandang disabilitas sebenarnya cukup antusias ikut berpatisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan sekali ini. Namun keterbatasan terkadang menjadi penghambat.

Padahal Badan Pusat Statistik (BPS) pernah mencatat, 20 jutaan penyandang disabilitas masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Hal-hal sederhana dalam proses Pilkada nantinya juga perlu untuk bahan evaluasi," katanya.

Topik Menarik