Zelensky Kecewa Berat PM India Narendra Modi Kunjungi Rusia dan Peluk Erat Putin

Zelensky Kecewa Berat PM India Narendra Modi Kunjungi Rusia dan Peluk Erat Putin

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 11:25
share

KIEV, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky merasa kecewa atas kunjungan singkat Perdana Menteri Narendra Modi ke Rusia. Dia pun menyoroti kehangatan interaksi pemimpin India itu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter), Zelensky menyinggung soal serangan rudal Rusia pada Senin laly yang menewaskan sedikitnya 37 orang di seluruh Ukraina. Serangan itu dikatakan merusak hampir 100 bangunan, termasuk sekolah dan rumah sakit bersalin.

Dalam cuitannya itu Zelensky juga mengunggah foto-foto rumah sakit yang dibom dan bayi-bayi di ambulans. Postingan itu muncul setelah Modi bertemu dengan Putin di Moskow. Beberapa gambar dari pertemuan mereka menunjukkan kedua pemimpin sedang minum teh di teras rumah Putin di Novo-Ogaryovo, dekat Moskow. Modi juga dibawa Putin berkeliling dengan kereta golf.

Satu foto khususnya, yaitu foto Modi dan Putin berpelukan, telah beredar luas di dunia maya. Zelensky pun mengungkapkan kritiknya terhadap gambar tersebut.

"Merupakan kekecewaan besar dan pukulan telak bagi upaya perdamaian melihat pemimpin negara demokrasi terbesar di dunia (Modi) memeluk penjahat paling berdarah di dunia (Putin) di Moskow pada hari seperti itu... " tulis Zelensky di platform X.

Modi terbang ke Moskow untuk melakukan kunjungan selama dua hari di negeri beruang merah. Perdana menteri India itu berusaha mempertahankan hubungan jangka panjang negaranya dengan Rusia sembari menjalin hubungan lebih dekat dengan Barat di tengah perang di Ukraina. 

Ini adalah kunjungan pertama Modi ke Moskow sejak dia terpilih kembali sebagai penguasa, bulan lalu. Ini juga menjadi kunjungan pertamanya ke Rusia sejak perang di Ukraina dimulai.

Beberapa sumber mengatakan kepada NDTV bahwa Modi, dalam pertemuannya dengan Putin, menekankan bahwa tidak ada solusi terhadap kekerasan yang dapat ditemukan di medan perang. "India selalu menyerukan untuk menghormati Piagam PBB, termasuk integritas wilayah dan kedaulatan (negara lain). Tidak ada solusi di medan perang. Dialog dan diplomasi adalah jalan ke depan," kata Modi.

Modi juga telah berbicara dengan Zelensky dalam berbagai kesempatan, termasuk bertemu dengannya di Italia bulan lalu di sela-sela KTT G7. Keduanya juga difoto sedang berpelukan. Pertemuan tatap muka pertama mereka sejak perang dimulai terjadi pada Mei tahun lalu, di KTT G7 yang diselenggarakan oleh Jepang.

Topik Menarik