Siapkan Aturan Baru Gas Bumi untuk Domestik, Menperin Tak Ingin Ada Monopoli

Siapkan Aturan Baru Gas Bumi untuk Domestik, Menperin Tak Ingin Ada Monopoli

Terkini | okezone | Rabu, 10 Juli 2024 - 11:00
share

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan dan mengusulkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Gas Bumi untuk Kebutuhan Dalam Negeri. RPP ini guna memastikan ketersediaan bahan baku gas bagi sektor industri dan energi.

Dijelaskan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya pada Selasa (9/7/2024), RPP ini nantinya akan mengatur pengelolaan gas untuk kepentingan industri maupun sumber energi (kelistrikan).

RPP tersebut juga akan menetapkan bahwa 60 gas yang diproduksi di dalam negeri bakal digunakan untuk memenuhi domestic market obligation. Tak ketinggalan juga mengatur terkait pengelolaan gas oleh Kawasan Industri.

“Kemenperin terus mendorong usulan RPP ini karena bisa menjadi game changer bagi pengelolaan gas bumi nasional, khususnya bagi sektor manufaktur dan kelistrikan,” jelas Menperin Agus.

Direncanakan, para pengelola kawasan industri dapat menyediakan dan menyalurkan gas bumi untuk para tenant-nya, termasuk melalui langkah importasi. Batasan untuk impor gas bumi adalah untuk penyediaan bagi tenant masing-masing serta untuk produksi listrik di kawasan industri.

Topik Menarik