Ciptakan Birokrasi Bersih, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek Resmi Mencanangkan ZI-WBK

Ciptakan Birokrasi Bersih, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek Resmi Mencanangkan ZI-WBK

Terkini | mnctrijaya | Rabu, 10 Juli 2024 - 10:00
share

JAKARTA- Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi mencanangkan  Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) sebagai bentuk upaya menciptakan lingkungan birokrasi yang bersih dan akuntabel serta meningkatkan pelayanan publik yang prima. 

Acara yang diselenggarakan di Jakarta ini dihadiri oleh Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, perwakilan lembaga mitra, media dan seluruh pegawai dari Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga. 

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan, dalam  sambutannya mengatakan bahwa pencanangan ZI-WBK salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memperkuat tata kelola yang transparan dan bebas korupsi. 

“Pencanangan ini diharapkan menjadi landasan yang kuat bagi seluruh pegawai Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan untuk bersama-sama memperkuat budaya kerja yang  prima, bersih, dan akuntabel. Kami juga berfokus untuk terus meningkatkan pelayanan publik guna memperbesar kepuasan  masyarakat terhadap kinerja kami,” ujar Restu Gunawan, Selasa (9/7).

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, Zona Integrasi (ZI) adalah bagian dari program percepatan reformasi birokrasi yang berkinerja tinggi, berintegritas, dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima. Selain itu, tugas fungsi utama Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan yang sangat bersentuhan dengan pelaku budaya, mengharuskan adanya pelayanan yang prima dan akuntabel.  

Dengan berpedoman pada nilai-nilai BerAKHLAK, beberapa langkah strategis yang akan dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan untuk mewujudkan ZI-WBK di lingkungan Kemendikbudristek, antara lain meningkatkan tata kelola berbasis transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan efesiensi dan efektivitas dalam bekerja, meningkatkan pengawasan internal serta sosialisasi internal. Pemanfaatan teknologi informasi juga akan digunakan oleh Direktorat PTLK untuk  penyebarluasan informasi dan evaluasi pelaksanaan ZI-WBK. 

Melalui kegiatan ini, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan mengajak seluruh elemen dalam pemerintahan untuk bersama-sama mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, akuntabel, dan transparan. 

Topik Menarik