Viral! Seorang Nenek di Lebak Bertaruh Nyawa Lintasi Jembatan Usang Nyaris Putus

Viral! Seorang Nenek di Lebak Bertaruh Nyawa Lintasi Jembatan Usang Nyaris Putus

Terkini | lebak.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 10:50
share

LEBAK, iNewsLebak.id - Viral seorang nenek melintasi sebuah jembatan gantung dalam kondisi miring di Lebak, Banten. Sling salah satu sisi jembatan mengalami keropos dan terputus akibat termakan usia.

Warga khawatir, kedua sling jembatan akan terputus total saat dilintasi warga yang dapat merenggut korban jiwa. Jembatan yang memiliki panjang hampir 100 meter dengan bentangan 1,2 meter itu sudah berkarat hingga terputus dan membuat jembatan dalam kondisi sudut kemiringan 20 derajat.

Kondisi jembatan rusak di Kampung Nangklak, Desa Margatirta, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten itu terjadi sudah cukup lama. Namun, belum ada upaya pemerintah daerah untuk memperbaikinya.

Warga termasuk anak sekolah harus bertaruh nyawa melintasi jembatan dengan ketinggian lebih dari 20 meter dari atas sungai.

Menurut salah seorang warga, Sarah, saat ini kondisi jembatan sudah cukup parah. Salah satu sling jembatan sudah banyak yang putus hingga membuat kondisi jembatan miring. "Gemetar mah ada, takut juga. Ini sudah lama," ujarnya, Senin 8 Juli 2024.

 

Ia mengaku khawatir dengan kondisi jembatan terputus itu. Apalagi, banyak warga termasuk anak-anak sekolah yang melintasi jembatan tersebut untuk beraktivitas.

Para pelajar di daerah ini, seperti diungkapkan Ani, juga mengaku khawatir melintasi jembatan. Apalagi, jika turun hujan, lantai jembatan yang mulai robek dan terbuka membuat jalan menjadi licin dan khawatir terpeleset dan jatuh ke sungai.

Jembatan gantung tersebut sangat vital karena menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Cimarga dan Kecamatan Cikulur. Ratusan warga, setiap hari melintasi jembatan yang merupakan satu-satunya akses tercepat untuk sampai ke pasar, sawah hingga ke sekolah.

Warga berharap pemerintah secepatnya membangun jembatan tersebut karena dikhawatirkan akan terputus saat dilintasi hingga membuat jatuh korban jiwa.

Topik Menarik