Segara Pindah ke IKN, Jokowi Pertanyakan Ketersediaan Air dan Listrik

Segara Pindah ke IKN, Jokowi Pertanyakan Ketersediaan Air dan Listrik

Terkini | okezone | Rabu, 10 Juli 2024 - 07:19
share

 

JAKARTA - Presiden Jokowi masih menunggu tersedianya air dan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pernyataan ini merespons kabar bahwa beliau akan mulai berkantor di IKN pada bulan Juli tahun ini.

Jokowi menyatakan telah menerima laporan dari Kementerian PUPR, namun fasilitas air dan listrik untuk mendukung aktivitas kantornya belum tersedia dengan memadai

"Airnya sudah siap belum? listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? kalau siap, pindah," ujar Jokowi.

"Sudah, tapi belum. Sudah, tapi belum," ungkapnya.

Terkait Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota, Jokowi menegaskan bahwa ia masih meninjau situasi di lapangan. Ia tidak ingin terburu-buru dalam menerbitkan Keppres tersebut.

"Keppres bisa sebelum, bisa setelah Oktober. Kita melihat situasi lapangan. Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang memang belum jangan dipaksakan, semua dilihat progress lapangannya dilihat," jelas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap dapat memulai aktivitas kantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan Juli tahun ini. Namun, beliau tetap memastikan bahwa air bersih sudah tersedia.

"Sangat optimis untuk kantornya. Ini masih nunggu satu, air. Airnya Juli," imbuh Jokowi dalam keterangannya di IKN.

Menurut Jokowi menjelaskan bahwa meskipun Bendungan Sepaku Semoi telah diresmikan, pihaknya masih menunggu agar pompa air dapat beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan air di bangunan dan rumah-rumah di IKN.

Topik Menarik