Jejak Sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu, Arsitektur Unik Gaya Eropa dan Lokal

Jejak Sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu, Arsitektur Unik Gaya Eropa dan Lokal

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 05:51
share

JAKARTA, iNews.id - Benteng Marlborough berdiri di atas bukit yang menghadap ke arah Samudra Hindia. Bangunan ini menjadi saksi bisu sejarah panjang kolonialisme di Bengkulu. 

Dilansir dari Kebudayaan Kemdikbud dan sejumlah sumber lainnya, Selasa (9/7/2024) menyebutkan, Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) pada 1713. Benteng ini pernah menjadi pusat kekuatan Inggris di wilayah Sumatera Barat Selatan selama lebih dari 130 tahun.

Benteng Marlborough merupakan simbol sejarah panjang Bengkulu. Benteng ini menjadi pengingat akan masa kolonialisme, perjuangan rakyat Bengkulu dan kekayaan budaya Indonesia. 

Benteng Marlborough. (Foto: Dok. Kebudayaan Kemdikbud).
Benteng Marlborough. (Foto: Dok. Kebudayaan Kemdikbud).

Sejarah Singkat Benteng Marlborough

Benteng Marlborough didirikan di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet dengan tujuan memperkuat kekuasaan Inggris di Bengkulu. Benteng ini dirancang oleh insinyur militer ternama, John Blencowe dan memiliki struktur yang kokoh dengan bastion dan meriam di setiap sudutnya.

Benteng Marlborough menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting dalam sejarah Bengkulu, termasuk peperangan antara Inggris dan rakyat Bengkulu, perbudakan serta perdagangan opium. Benteng ini juga pernah menjadi tempat tinggal para gubernur Inggris dan residen Bengkulu.

Arsitektur dan Keunikan Benteng Marlborough

Benteng Marlborough memiliki arsitektur unik, memadukan gaya Eropa dan lokal. Benteng ini berbentuk pentagon dengan lima bastion di setiap sudutnya. Di bagian dalam benteng terdapat berbagai bangunan, seperti barak, gudang, gereja dan rumah gubernur.

Salah satu keunikan Benteng Marlborough, yaitu adanya sumur tua yang konon tidak pernah kering. Sumur ini dipercaya memiliki kekuatan magis dan menjadi sumber air minum bagi para penghuni benteng.

Benteng Marlborough di Bengkulu. (Foto: Dok. Kemenkeu).
Benteng Marlborough di Bengkulu. (Foto: Dok. Kemenkeu).

Dari Benteng Pertahanan Menjadi Cagar Budaya

Setelah kemerdekaan Indonesia, Benteng Marlborough diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan cagar budaya. Benteng ini kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Bengkulu.

Pengunjung dapat menjelajahi benteng, melihat peninggalan sejarah, dan mempelajari kisah-kisah menarik tentang masa lampau. Benteng Marlborough juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya dan edukasi.

Topik Menarik