5 Berita Populer: Dalil Tentang Bulan Muharram hingga Arti Masyaallah Tabarakallah

5 Berita Populer: Dalil Tentang Bulan Muharram hingga Arti Masyaallah Tabarakallah

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 05:15
share

JAKARTA, iNews.id - Dalil tentang bulan Muharram menjadi berita populer, Selasa (9/7/2024). Diketahui, bulan Muharram merupakan salah bulan yang dimuliakan dalam agama Islam.

Berita populer lainnya adalah arti Masyaallah Tabarakallah dan jawabannya.

Berikut rangkuman berita populer, Selasa (9/7/2024):

1. Dalil Tentang Bulan Muharram yang Patut Diketahui Umat Muslim

Dalil tentang Bulan Muharram perlu diketahui oleh umat Muslim. Bulan Muharram adalah bulan pertama di penanggalan Kalender Hijriyah. Bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama Islam. Kemuliaan tersebut disebut dalam Al-Qur’an sebagai Asyhurul Hurum bersama dengan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab.

Berikut informasi mengenai dalil tentang Bulan Muharram seperti amalan yang dilipatgandakan, salah satu bulan mulia di agama Islam, ajuran berpuasa di bulan Muharram, dilarang berperang di bulan Muharram. 

2. Hero Terkuat di Mobile Legends yang Bisa Digunakan untuk Push Rank

Hero terkuat di Mobile Legends dapat digunakan ketika bermain. Mempunyai hero kuat, dapat dengan mudah mendapatkan kemenangan ketika push rank. Mobile Legends adalah salah satugim online yang populer di kawasan Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia.

Berikut hero terkuat di Mobile Legends, seperti: Chou, Gusion, Mathilda, Popol dan Kupa, Yve, Benedetta, Paquito, Ling, Akai, Hilda, Esmeralda, Johnson,  X.Borg, Kaja, Selena.

3. Bus Gunung Harta Bawa 31 Penumpang Hangus Terbakar di Tol Jombang

Bus Gunung Harta terbakar di jalan Tol KM 685, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (8/7/2024) malam. Api berkobar menghanguskan bus beserta barang bawaan penumpang. Kejadian berawal ketika kendaraan melaju dari Sumenep, Madura menuju Jakarta. Tiba di lokasi, sopir bus melihat api muncul dari bagian mesin di belakang bus.

Sopir bus yang mengetahui ada api, kemudian langsung menghentikan bus serta berusaha mengambil alat pemadam api ringan (APAR). Meski berusaha dipadamkan, api dari belakang bus ternyata semakin membesar dan merembet hingga membakar seluruh bagian bus. Diduga kebakaran akibat arus pendek (korsleting) kelistrikan dari bagian mesin bus.

4. Arti Masyaallah Tabarakallah dan Jawabannya

Arti Masyaallah Tabarakallah serta jawabannya perlu diketahui oleh umat Muslim. Kalimat Masyaallah Tabarakallah merupakan gabungan dari dua kata yang mempunyai makna serta tujuan berbeda. Kata Masyaallah berasal dari bahasa Arab yang berarti “apa yang dikehendaki Allah”.

Kata ini digunakan untuk memuji kebesaran Allah SWT atas segala ciptaan-Nya yang luar biasa. Sementara kata Tabarakallah juga berasal dari bahasa Arab yang berarti diberkahi oleh Allah. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan kekaguman serta doa kepada Allah supaya memberikan keberkahan kepada sesuatu atau seseorang yang kita lihat.

Kalimat Masyaallah Tabarakallah biasanya diucapkan oleh seseorang saat melihat sesuatu atau seseorang yang menarik perhatian dan hatinya. Cara menjawab kalimat Masyaallah Tabarakallah adalah Alhamdulillah, Jazakallah khairan, Aamiin, Wafiik barakallahu. 

5. Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap

Tata cara sholat witir 1 rakaat lengkap dibahas pada artikel ini. Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah yang sering dikerjakan oleh Rasulullah. Pada bulan Ramadhan, sholat selalu dilakukan setelah sholat tarawih, walau sebenarnya dapat dilakuan di luar bulan Ramadhan. Menurut para ulama, sholat witir boleh dikerjakan sekurang-kurangnya 1 rakaat dan paling maksimal 11 rakaat. Berikut tata cara sholat witir 1 rakaat:

1. Membaca niat 
2. Takbiratul ihram 
3. Membaca doa iftitah 
4. Membaca surat Al Fatihah 
5. Membaca Surat Al A'la pada rakaat pertama
6. Ruku dengan membaca tasbih 3 kali 
7. I'tidal
8. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali 
9. Duduk di antara dua sujud 
10. Sujud kedua 
11. Berdiri untuk mengulang rakaat kedua  
12. Pada rakaat kedua setelah membaca Surat Al Fatihah dianjurkan membaca Surat Al Kafiun 
13. Salam

Topik Menarik