Calon Rektor UNS Periode 2024-2029 Mengerucut 3 Nama, Siapa Kandidat Terkuat?

Calon Rektor UNS Periode 2024-2029 Mengerucut 3 Nama, Siapa Kandidat Terkuat?

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 01:00
share

SOLO, iNewsSleman.id – Kandidat Calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masa jabatan 2024-2029 telah mengerucut tiga nama. Ketiga kandidat merupakan profesor yang berasal dari internal UNS.

Ketiga kandidat yakni Prof Dr Hartono, dr, M.Si (Fakultas Kedokteran UNS), Prof Dr Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS), dan Prof Dr E. Muhtar, S.Pd, M.Si, CFrA. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS). Mereka ditetapkan melalui Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

Ketua MWA UNS, Prof Muliaman Darmansyah Hadad, Ph.D mengatakan, pihaknya dalam memilih Calon Rektor juga mempertimbangkan masukan warga kampus UNS yang telah terlaksana sejak 25 Juni sampai 2 Juli 2024. Selain itu juga reviu kertas kerja oleh Panelis dalam Forum Uji Publik Bakal Calon Rektor yang telah dilaksanakan 2 Juli 2024.

Dalam proses pemilihan calon rektor, MWA melakukan musyawarah dan tidak mencapai kata mufakat, sehingga dilakukan pemungutan suara secara tertulis, langsung, bebas, dan rahasia. Pemungutan suara dilakukan oleh seluruh anggota MWA yang hadir dalam rapat pleno MWA.

“Setiap anggota MWA memilih dengan cara melingkari nomor urut bakal calon rektor sebanyak 3 orang, dan anggota MWA termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki hak suara yang sama. Bakal calon rektor yang mendapatkan suara terbanyak kesatu, kedua, dan ketiga ditetapkan sebagai calon rektor,” kata Muliaman, Selasa (9/7/2024).

Dalam proses pemungutan suara terhadap 5 Bakal Calon Rektor UNS, Prof Dr Ir Cucuk Nur Rosyidi, S.T, M.T (Fakultas Teknik UNS) mendapatkan 2 suara; Prof Dr Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS) 14 suara; Prof Dr Hartono, dr, M.Si (Fakultas Kedokteran UNS) 15 suara; Prof Dr E Muhtar, S.Pd  M.Si, CFrA (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS) 13 suara; dan Prof. Warsito S.Si, DEA, Ph.D (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung-Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) 1 suara.

 

Sesuai ketentuan Pasal 31 Peraturan MWA Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor juncto Pasal 36 Peraturan MWA Nomor 4 Tahun 2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Jabatan 2024-2029, calon rektor harus menyerahkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan kepada MWA melalui Panitia Pemilihan Rektor (PPR) paling lambat 11 Juli 2024.

“Apabila tidak menyerahkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan, calon rektor tersebut dinyatakan mengundurkan diri,” ujarnya.

Dengan telah ditetapkannya calon rektor, maka tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan pemilihan rektor sekaligus penetapan rektor terpilih melalui Rapat Pleno MWA yang khusus diselenggarakan untuk pemilihan rektor pada 18 Juli 2024.

Rapat Pleno MWA mengundang calon rektor untuk terlebih dahulu memaparkan visi, misi, dan program kerjanya di hadapan MWA. Kemudian dilanjutkan dengan pendalaman melalui tanya jawab. Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, pengambilan sumpah dan pelantikan rektor terpilih nantinya akan dilaksanakan 8 Agustus 2024 dan disiarkan secara langsung melalui Kanal Youtube UNS.

MWA berharap agar calon rektor selalu berkomitmen menjaga keutuhan, kebersamaan, dan kesejukan selama proses pemilihan rektor ini berlangsung. MWA juga mengimbau kembali kepada seluruh warga kampus UNS untuk tetap mengawal dan mengawasi proses pemilihan Rektor sampai dengan tahap akhir.

“MWA berharap seluruh tahapan pemilihan rektor berjalan dengan lancar dan melahirkan pemimpin yang dapat menjadikan UNS lebih maju seperti harapan kita bersama,” tuturnya.

Topik Menarik