Balikpapan City Trans Resmi Diuji Coba, Gratis selama Tiga Bulan

Balikpapan City Trans Resmi Diuji Coba, Gratis selama Tiga Bulan

Terkini | kutai.inews.id | Selasa, 9 Juli 2024 - 20:10
share

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Moda transportasi massal Balikpapan City Trans (Bacitra) resmi beroperasi untuk melayani angkutan di Kota Balikpapan mulai Senin (08/07/2024).

Operasional transportasi publik ini masih bersifat uji coba selama tiga bulan kedepan. Sebanyak 17 unit bus yang dioperasikan bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan, Adwar Skenda Putra menjelaskan, pemerintah terus menggalakkan sosialisasi terkait rute dan pemberhentian bus selama masa uji coba.

"Uji coba kendaraan dan sopir sudah berjalan, sembari kita sosialisasikan jalur pemberhentian bus kepada masyarakat," jelasnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, dalam operasional, masih ada masyarakat yang memarkir kendaraan di tanda pemberhentian bus Balikpapan City Trans. "Ini menjadi bahan evaluasi ke depannya, agar tidak ada lagi kendaraan yang parkir di rute pemberhentian bus," ujarnya.

Selain itu, masa uji coba ini juga menjadi pertimbangan bagi Dishub untuk menetapkan tarif setelah masa uji coba. Dia memastikan tarif transportasi umum ini terjangkau dan tidak memberatkan masyarakat.

Tahap awal, bus Balikpapan City Trans melayani tiga koridor. Untuk Koridor A melayani rute dari Pelabuhan Semayang sampai Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan sepanjang 26,6 kilometer.

Kemudian Koridor B dari dan berakhir di Terminal Batu Ampar dengan rute Terminal Batu Ampar-Jalan Ahmad Yani-Jalan MT Haryono, dan kembali ke Terminal Batu Ampar sepanjang 20,6 kilometer.

Sementara Koridor C, bus melayani rute dari Terminal Batu Ampar-Jalan MT Haryono.

Pengguna bus bisa mengakses posisi bus melalui aplikasi Mitra Darat dengan fitur Teman Bus. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi tersebut guna mengetahui posisi bus dalam melewati rute koridor. 

"Masyarakat bisa memantau posisi bus melalui aplikasi. Upaya ini pula diharapkan menjadi bagian dari digitalisasi 4.0 smart city," tambahnya.

Topik Menarik