Wapres Ajak Orang-orang Daftar Capim KPK: Jangan Teriak-teriak Saja

Wapres Ajak Orang-orang Daftar Capim KPK: Jangan Teriak-teriak Saja

Terkini | inews | Selasa, 9 Juli 2024 - 19:22
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak orang-orang untuk mendaftar Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terutama orang-orang yang kerap mengkritik KPK.

“Saya harap kan banyak orang yang ingin memperbaiki KPK. Pertama, jangan hanya berteriak-teriak saja, ya daftar saja yang menjadi (biasa mengkritik). Jadi jangan hanya usul, jangan hanya protes, sekarang daftar saja, siapa tahu kepilih, dia bisa menjalankan apa yang selama ini diinginkan, supaya KPK itu bisa efektif dan bagus,” ujar Wapres, Selasa (9/7/2024).

Wapres mengatakan, Panitia Seleksi Capim KPK telah memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mendaftarkan diri menjadi pimpinan lembaga antirasuah itu. Pendaftaran Capim KPK dibuka hingga 15 Juli 2024 mendatang.

“Jangan sampai dia justru daftar tidak mau, hanya berteriak-teriak saja. Nah ini padahal KPK membuka. Pansel membuka kesempatan untuk mereka. Saya harapkan begitu,” katanya.

Sebelumnya, Pansel Capim KPK mengungkapkan sudah ada 62 orang mendaftar per Kamis (4/7/2024). Sebanyak 31 orang mendaftar sebagai Capim dan 31 orang mendaftar Dewas KPK.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron tetap yakin putra-putri terbaik bangsa akan bergabung mendaftar capim KPK.

"Saya tentu masih optimistis, masyarakat percaya (dengan KPK), dan berharap putra-putri terbaik bangsa Indonesia akan mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK," kata Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (3/7/2024).

Topik Menarik