Android 15 Bawa Fitur Theft Detection Lock, Cegah Pencuri Bobol Ponsel

Android 15 Bawa Fitur Theft Detection Lock, Cegah Pencuri Bobol Ponsel

Terkini | inews | Senin, 20 Mei 2024 - 09:09
share

JAKARTA, iNews.id - Google telah mengungkapkan sejumlah fitur baru Android 15. Salah satu fitur yang diperkenalkan di OS baru Google itu Private Space.

Private Space di Android bisa menjadi tempat aplikasi sensitif disimpan dari mata usil. Fitur berguna lainnya adalah Theft Detection Lock, yang menggunakan AI untuk mendeteksi kapan ponsel dirampas dari tangan oleh pencuri.

Saat ponsel mendeteksi rangkaian kejadian ini, maka secara otomatis akan mengunci perangkat demi mencegah pencuri membobol ponsel. Menggunakan AI untuk mencari pola izin, Android 15 akan bekerja dengan Google Play Protect untuk memperingatkan pengguna dan Google mengenai aplikasi berbahaya.

Jika Google meninjau aplikasi dan menemukannya telah digunakan untuk membantu penyerang melakukan penipuan, aplikasi tersebut akan dihapus dari Play Store, sebagaimana dikutip dari Phone Arena.

Di Google I/O, perusahaan juga mengungkapkan Android 15 akan meningkatkan waktu standby baterai hingga 3 jam di beberapa perangkat. Google mampu mencapai hal ini dengan mempercepat waktu perangkat yang menjalankan Android 15 memasuki mode Doze sebesar 50 persen.

Dalam mode Doze, sistem berupaya mengehemat masa pakai baterai dengan membatasi akses aplikasi ke sistem dan layanan intensif CPU. Mode juga mencegah aplikasi yang tidak digunakan belakangan berjalan di background.

Secara keseluruhan, perubahan mode Doze membantu meningkatkan waktu standby baterai di Android 15. Fitur serupa teranyata juga terlihat di Wear OS 6 berbasis Android 15 yang diperkirakan rilis tahun depan.

Topik Menarik