Profil Lawrence Wong PM Singapura yang Baru, Pernah Ngamen saat Kuliah di AS

Profil Lawrence Wong PM Singapura yang Baru, Pernah Ngamen saat Kuliah di AS

Terkini | inews | Rabu, 15 Mei 2024 - 14:53
share

SINGAPURA, iNews.id - Profil Lawrence Wong, perdana menteri Singapura yang baru menarik untuk diketahui. Pria 51 tahun tersebut dilantik menggantikan Lee Hsien Loong pada Rabu (15/5/2024) yang sudah berkuasa 20 tahun.

Wong menjadi perdana menteri keempat Singapura atau sejak negara tetangga itu memperoleh kemerdekaan pada 1965.

Profil Lawrence Wong

Lawrence Wong lahir pada 18 Desember 1972 dari keluarga yang disebutnya biasa-biasa saja. Ayahnya bekerja sebagai sales dan ibunya mengajar di sekolah dasar tempat dia dan saudara-saudaranya bersekolah.

Wong dan keluarganya tinggal di perumahan sederahana di Singapura Timur, Marine Parade.

Di saat banyak politisi Singapura mengenyam pendidikan di universitas-universitas terkemuka Inggris, seperti Oxford atau Cambridge, Wong memilih Amerika Serikat. Dia mengenyam pendidikan ekonomi di Universitas Wisconsin-Madison. Wong menjelaskan alasannya memilih AS yakni karena Negeri Paman Sam adalah rumah bagi musisi favoritnya.

Setelah itu Wong menyelesaikan gelar Master di bidang Administrasi Publik dari Harvard Kennedy School.

Wong memulai karier sebagai ekonom di kementerian perdagangan. Dia pernah menduduki beberapa posisi penting dalam birokrasi Singapura, termasuk CEO Otoritas Pasar Energi serta jabatan bergengsi di kantor perdana menteri.

Karier Wong di dunia politik dimulai pada 2011 kemudian diangkat menjadi dewan direksi Otoritas Moneter Singapura, bank sentral. Dia juga memegang portofolio kebudayaan, pembangunan nasional, dan pendidikan.

Kareirnya semakin moncer saat pandemi Covid-19. Pada 2020, dia menjabat sebagai salah satu kepala gugus tugas penanganan Covid-19. Keputusan terbesar yang diambilnya adalah soal pembatasan perbatasan yang ketat kepada warga Singapura.

Setahun kemudian Wong diangkat menjadi menteri keuangan. Tahun berikutnya dia ditunjuk sebagai wakil perdana menteri dan penerus Lee.

Kehidupan Pribadi

Akun media sosial Wong penuh dengan video dirinya memetik gitar. Salah satu lagu yang dimainkan adalah Love Story dari Taylor Swift. Video itu diunggah saat konser bintang pop AS itu di Singapura.

Wong merupakan penggila musik. Dia dihadiahi gitar dari ayahnya pada usia 8 tahun. Dengan kemampuannya memainkan gitar, dia pernah mengamen saat berkuliah di AS.

Meski demikian dia mengimbangi hobi musiknya dengan membaca buku dan memelihara anjing.

Wong menikah pada usia 20-an kemudian bercerai dengan alasan ketidakcocokan. Namun setelah itu dia sudah menikah lagi. Istrinya, Loo Tze Lui, bekerja di bidang wealth management. Pasangan itu belum dikaruniai anak.

Topik Menarik