Banner Bekas Kampanye Ternyata Bisa Dibikin Tote Bag, Begini Caranya

Banner Bekas Kampanye Ternyata Bisa Dibikin Tote Bag, Begini Caranya

Terkini | ponorogo.inews.id | Minggu, 11 Februari 2024 - 21:32
share

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Seiring memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2024, berbagai atribut politik seperti bendera, baliho, spanduk, dan banner yang selama ini menghiasi jalanan mulai dilepas. 

Limbah-limbah tersebut jika dibuang begitu saja, dapat menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan dan hanya akan menjadi sampah yang menumpuk.

Nah dari limbah dari banner bekas kampanye bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bermanfaat. Dengan kreativitas, limbah spanduk bekas dapat diubah menjadi tote bag yang multifungsi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tote bag dari limbah banner bekas kampanye, dikutip dari akun Youtube MLDSPOT:

 

Alat dan Bahan:

  • Banner
  • 2 Strap dengan ukuran masing-masing 75cm
  • Cutter
  • Penggaris

Cara membuat:

Potong banner menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 80cm x 40cm menggunakan cutter. Anda dapat memilih bagian mana yang ingin digunakan sebagai desain luaran tote bag.

Letakkan strap di tengah bagian samping banner, membentuk huruf "U", dengan jarak sekitar 7cm dari sisi kanan dan kiri. Lakukan hal yang sama di sisi lainnya. Strap ini akan digunakan sebagai pegangan tas.

Jahit bagian atas strap agar menempel dengan sempurna. Lipat bagian atas yang telah dijahit sekitar 2cm dan jahit kembali seluruh bagian yang telah dilipat. Lakukan hal yang sama di sisi lainnya.

Setelah strap terpasang dengan kokoh, lipat bahan tas menjadi dua dan jahit sisi samping kiri dan kanan. Jahit kedua sisi dengan teknik double stitch agar lebih kuat.

Baliklah tas yang telah dijahit, dan tote bag dari limbah banner ini siap untuk digunakan.

Mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghasilkan tote bag yang multifungsi dan ramah lingkungan dari limbah banner bekas kampanye.

Topik Menarik