Loading...
Loading…
Donald Trump Siap Bantu Jokowi Sediakan Ventilator Tangani Corona

Donald Trump Siap Bantu Jokowi Sediakan Ventilator Tangani Corona

Terkini | okezone | Sabtu, 25 April 2020 - 01:19

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan akan membantu penyediaan ventilator bagi Indonesia. Hal itu diketahui setelah orang nomor satu dari Negeri Paman Sam itu berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baru saja berbicara dengan teman saya, Presiden Joko Widodo dari Republik Indonesia. Meminta Ventilator, yang akan kami sediakan. Kerja sama yang luar biasa di antara kami!, tulis Trump dalam akun resmi Twitter-nya @realDonaldTrump yang dikutip Okezone, Sabtu, (25/4/2020).

Namun, saat Okezone akan mengonfirmasi ke Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman dan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB sekaligus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Agus Wibowo belum memberikan respons.

Sementara Presiden Jokowi sebelumnya memang sempat menyebut Indonesia kekurangan ventilator dalam penanganan Covid-19. Dirinya ingin alat kesehatan ventilator juga dapat diproduksi di dalam negeri. Hal ini dikarenakan negara lain pun kekurangan.

"Saya juga minta diberikan percepatan pengembangan, mungkin kita juga negara lain banyak kekurangan, yaitu ventilator, agar ini bisa diproduksi dalam negeri," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :
Telepon Jokowi, Donald Trump: Indonesia Negara Penting bagi AS

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menyampaikan pentingnya kepemimpinan kolektif global di bidang kesehatan sehingga Indonesia mengajak AS bagian dari kepemimpinan kolektif global dan memperkuat WHO agar lebih siap lagi dalam mencegah serta menghadapi pandemik di masa mendatang.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan Amerika Serikat kembali menunjukan komitmen untuk perkuat kerja sama dalam upaya penanggulangan Virus Korona (Covid-19), ujar Menlu melalui video conference dalam agenda ASEAN-U.S. Special Foreign Minister Meeting, Kamis 23 April 2020 seperti dikutip dari situs Setkab.go.id.

Retno menyampaikan terdapat dua prioritas kerja sama yang dapat dilakukan ASEAN dan AS dalam jangka pendek. Pertama, membantu dalam fasilitasi alat-alat medis dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk menangani korban Covid-19.

Terkait hal ini, Retno mendorong agar ASEAN dan AS dapat untuk sementara melonggarkan aturan-aturan yang memberatkan mobilisasi dan distribusi alat-alat medis dan obat-obatan antara ASEAN dan AS.

Kedua, disampaikan bahwa Indonesia mendukung segala upaya yang telah dilakukan untuk menemukan vaksin Covid-19. Menlu menegaskan bahwa vaksin yang dihasilkan harus dapat diakses dengan harga yang terjangkau, khususnya untuk negara-negara berkembang dan Least Developing Countries (LDCs).

Baca Juga :
Jokowi dan Trump Bahas Kerja Sama Alkes via Telepon

Dalam konteks jangka panjang, Menlu RI sampaikan usulan kerja sama ASEAN dan AS untuk meningkatkan ketahanan sistem kesehatan publik yang ada antara lain melalui pengembangan sebuah struktur pengendalian penyakit di kawasan ASEAN, pengembangan kapasitas tenaga medis dalam kesiapan menghadapi pandemik.

Khususnya melalui kerja sama dengan kantor regional CDC di Viet Nam serta mendorong peran AS dalam mendukung mekanisme pendanaan bersama ASEAN untuk tanggap darurat kesehatan melalui realokasi berbagai skema pendanaan yang ada di bawah USAID di ASEAN.

Original Source

Topik Menarik