Loading...
Loading…
Desa di Jombang Sulap Ruang Kelas Sekolah Dasar Jadi Tempat Isolasi Pemudik

Desa di Jombang Sulap Ruang Kelas Sekolah Dasar Jadi Tempat Isolasi Pemudik

Terkini | inewsid | Senin, 06 April 2020 - 17:44

JOMBANG, iNews.id - Sebanyak 306 desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) menyulap gedung sekolah dasar di sekitarnya untuk dijadikan menjadi ruang isolasi. Nantinya bangunan tersebut akan digunakan untuk mengisolasi warga desa yang nekat mudik dari luar kota.

Pengalihfungsian gedung sekolah dasar ini dilakukan sesuai instruksi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk mengantisipasi banyaknya warga yang mudik. Proses pengalihfungsian gedung ini dimulai Senin (6/4/2020).

Salah satu desa yang mengalihfungsikan gedung sekolah dasarnya yakni Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Di desa ini, aparat desa meminjam satu ruang kelas milik SD Negeri Miagan untuk dijadikan tempat isolasi bagi warga yang nekat mudik.

Kepala Desa Miagan, Antok Budi Subagyo mengatakan teknisnya, perangkat desa mensterilkan terlebih dahulu ruang isolasi yang akan digunakan. Ruangan disemprot menggunakan disinfektan. Setelah itu, mereka memasang karpet atau alas tidur ala kadarnya.

Saat ada warga dari luar kota yang mudik ke Desa Miagan, Satgas Covid-19 yang ada akan langsung melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika ditemukan indikasi kesehatannya buruk, perangkat desa akan langsung membawa warga tersebut langsung ke Gedung SD untuk diisolasi selama 14 hari.

Agar pemudik tidak leluasa keluar masuk ke Desa Miagan dan harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu, perangkat desa telah memblokir sejumlah jalan masuk. Tujuannya agar pemudik yang datang hanya melalui satu pintu dan diperiksa oleh satgas Covid-19.

Awalnya, para guru khawatir jika gedung sekolah dipakai sebagai ruang isolasi. Namun setelah diberi pengertian, mereka akhirnya mengizinkan dan meminjamkan ruang kelas.

Antok mengimbau seluruh warga yang kini sedang merantau di luar kota agar tidak mudik ke Desa Miagan baik menjelang puasa atau menjelang lebaran.

Kami mengimbau warga Miagan yang bekerja di luar kota untuk tidak mudik dulu, karena kasihan yang ada di pedesaan, katanya.

Original Source

Topik Menarik