Loading...
Loading…
Sempat Kabur, Pasien PDP Corona di Garut Dijemput Petugas Medis

Sempat Kabur, Pasien PDP Corona di Garut Dijemput Petugas Medis

Terkini | inewsid | Senin, 30 Maret 2020 - 20:45

GARUT, iNews.id - Seorang warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang pulang ke rumahnya sudah kembali ke RSUD Dokter Slamet, Kabupaten Garut. Pasien tersebut dibawa oleh petugas dinas kesehatan untuk mendapatkan perawatan medis.

"Segera dilakukan evakuasi oleh Dinas Kesehatan untuk penjemputan kembali PDP yang dimaksud ke rumahnya dan tadi malam langsung masuk ruang isolasi," kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat di Garut, Senin (30/3/2020).

Dia mengatakan pasien tersebut pulang ke rumah tanpa sepengetahuan pihak RSUD Dokter Slamet Garut. Pasien itu merupakan warga Garut yang baru pulang dari Bogor sehingga ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

Namun kemudian dibawa ke rumah sakit lalu ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). "Sampai saat ini sedang dilakukan perawatan dan pengawasan terhadap kondisi PDP tersebut," kata dia.

Selain itu, dia menjelaskan pasien tersebut saat ini masih menjalani pemeriksaan dan tes kesehatan dengan melakukan pengambilan spesimen untuk bahan uji laboratorium. Pasien itu belum bisa dipastikan positif maupun negatif corona karena belum ada hasil uji laboratorium.

"PDP tersebut belum dapat dinyatakan positif maupun negatif karena belum dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium," kata dia.

Hingga kini RSUD Garut merawat tujuh orang berstatus PDP terdiri dari anak-anak, pemuda berusia 20 tahun dan dewasa di atas usia 50 tahun.

Jumlah ODP sebanyak 581 kasus terdiri dari 37 ODP sudah dinyatakan selesai masa pemantauannya, 56 proses perawatan di rumah sakit dan puskesmas, dan 488 ODP dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Original Source

Topik Menarik