Loading...
Loading…
3 Pesan Jokowi ke Kepala Daerah untuk Penanggulangan Wabah Corona

3 Pesan Jokowi ke Kepala Daerah untuk Penanggulangan Wabah Corona

Terkini | okezone | Selasa, 24 Maret 2020 - 11:50

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga pesannya kepada para gubernur se-Indonesia dalam rapat terbatas pengarahan Presiden kepada para gubernur menghadapi pandemik Covid-19.

Pertama, kata Jokowi, pemerintah daerah harus fokus pada keselamatan dan kesehatan para warganya dalam penyebaran pandemi virus corona.

"Yang kedua social safety net bantuan sosial tolong disiapkan," ujar Jokowi melalui video conference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (24/3/2020).

Sedangkan pesan terakhir Jokowi yakni para kepala daerah harus menghitung dampak ekonomi dengan benar sebelum mengantisipasi persoalan tersebut dengan menyediakan stok pangan.

"Sehingga kesiapan kita dalam menyediakan stok pangan betul-betul ada," jelasnya.

Kepala Negara mengungkapkan bahwa pemerintah akan mengucurkan anggaran sebesar Rp4,5 triliun untuk penerima kartu sembako selama 6 bulan ke depan. Anggaran tersebut untuk menambah 50 keluarga penerima manfaat dengan tambahan bantuan Rp200 per bulannya.

"Akan segera dimulai kartu prakerja implementasi kartu prakerja antisipasi para pekerja yang kena PHK, pekerja harian yang kehilangan penghasilan dan pengusaha mikro yang kehilangan omzet anggaran disiapkan Rp10 triliun agar provinsi-provinsi dapat mendukung ini dengan siapa yang harus diberi mulai didata dengan baik," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik