Loading...
Loading…
Astronom Konfirmasi Objek Terjauh di Tata Surya

Astronom Konfirmasi Objek Terjauh di Tata Surya

Teknologi | inewsid | Selasa, 16 Februari 2021 - 09:11

CALIFORNIA, iNews.id - Objek terjauh di Tata Surya, Farout telah kehilangan mahkotanya. Para astronom telah mengonfirmasi planetoid Farfarout sekarang adalah objek Tata Surya terjauh yang diketahui.

Saat ini, Farfarout berada 132AU atau sekitar 12,3 miliar mil dari Matahari dan orbitnya yang memanjang akan membawanya sejauh 175AU. Untuk konteksnya, Farfarout mencapai lebih dari lima kali jarak itu.

Lalu, membutuhkan waktu sekitar 1.000 tahun untuk menyelesaikan orbitnya. Para peneliti pertama kali mendeteksi Farfarout pada 2018 menggunakan teleskop Subaru di Mauna Kea di Hawaii, tapi harus menggunakan teleskop Gemini dan Magellan untuk memverifikasi orbitnya pada tahun-tahun berikutnya.

Planetoid tidak mengherankan misterius tersebut. Tapi, ada beberapa petunjuk tentang apa itu. Para ilmuwan percaya itu berada di "ujung bawah" skala planet kerdil dengan diameter hanya di bawah 249 mil, dan berinteraksi dengan Neptunus, sebagaimana dikutip dari Engadget.

Objek tersebut mungkin telah terlempar ke luar Tata Surya setelah mengambang terlalu dekat dengan Neptunus di masa lalu, dan diperkirakan akan bereaksi lagi terhadap Neptunus karena orbit yang berpotongan.

Sayangnya, tidak ada jaminan Farfarout akan memegang gelar tersebut. Anggota tim peneliti Scott Sheppard berpendapat planetoid itu hanyalah puncak gunung es untuk objek yang jauh.

Kemudian, gelombang baru teleskop yang sangat besar dengan kamera resolusi tinggi akan melihat benda langit yang sebelumnya sulit dipahami. Tata Surya bagian luar mungkin relatif padat, dan kami baru mempelajarinya sekarang berkat terobosan teknologi.

Original Source

Topik Menarik