"

Ponsel Gaming 2021 Dipersenjatai Baterai Besar dan Fast Charging

sindonews | Teknologi | Published at 17/01/2021 02:22
Ponsel Gaming 2021 Dipersenjatai Baterai Besar dan Fast Charging

JAKARTA - Banyak smartphone tahun ini yang akan dioptimalkan untuk bermain game. Ini karena sebagian besar chip andalan di industri hadir dengan performa gaming yang tinggi. Baca juga: Gaming Jadi Topik yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

Pertimbangkan SoC Snapdragon 888 misalnya. Ini adalah chipset yang sempurna untuk bermain game dan sebagian besar ponsel gaming pada 2021 akan menggunakan prosesor tersebut.

Namun, ada lebih banyak hal untuk smartphone gaming selain prosesor. Performa tampilan, performa baterai serta suaranya harus lebih baik dari smartphone biasa.

Ambil contoh ponsel gaming iQOO 7 yang dirilis beberapa hari lalu. Selain SoC Snapdragon 888, smartphone ini hadir dengan sistem kontrol full-sensing yang tidak dimiliki smartphone biasa. Laporan terbaru dari @DigitalChatStation menunjukkan bahwa ponsel gaming tahun ini akan fokus pada baterai dan pengisian cepat.

Leaker asal China itu mencantumkan tiga ponsel yang akan datang dan spesifikasi baterainya sebagai berikut:

- Black Shark 4 - 120W + sel ganda setara 4.500 mAh

- Red Magic 6 - 120W + sel ganda setara 4.500 mAh

- ROG 4 - 60W / 65W + sel ganda setara 6.000 mAh

Kapasitas baterainya cukup besar dan pengguna akan mengisi penuh sel baterainya hanya dalam waktu 20 menit. Bahkan ROG 4 dengan pengisian cepat 60W/65W untuk baterai 6.000 mAh masih bisa terisi penuh dalam 20 menit karena merupakan baterai sel ganda.

Untuk iQOO 7, satu-satunya ponsel gaming yang ada di pasaran sejauh ini, mengikuti tren yang sama. Smartphone ini hadir dengan baterai 4.000 mAh tapi ukuran baterai "kecil" dikompensasikan dengan pengisian cepat 120W.

Menurut tes baru-baru ini, iQOO 7 mendapatkan daya penuh (dari 1-100%) dalam 14 menit saja. Dalam 5 menit, smartphone mendapatkan daya lebih dari 50%, cukup menarik.

Prosesor bukanlah satu-satunya fitur yang menggolongkan smartphone sebagai ponsel gaming. Melihat iQOO 7, handphone hadir dengan layar full-sensing 120Hz, dengan laju sampling sentuh instan 1000Hz dan tingkat pelaporan sentuh 300Hz. Ini juga mendukung empat skenario aplikasi refresh rate.

Kecerahan maksimum dapat mencapai 1300 nits dan mendukung 4.096 tingkat penyesuaian kecerahan. Selain itu, ponsel gaming ini dilengkapi SGS low blue light dan HDR10 + sertifikasi high dynamic range. Semua ini adalah fitur yang tidak dimiliki oleh banyak telepon biasa (non-game).

Laman Giz Chine menuliskan, nilai jual lain dari ponsel itu adalah sistem kontrol penginderaan penuhnya. Sistem kontrol dengan sensor penuh mencakup sensor tekanan kontrol ganda di bawah layar, motor jalur ganda, serta speaker ganda. Di antaranya, sensitivitas tekanan kontrol ganda di bawah layar dapat memetakan dua area operasi layar ke posisi mana pun dalam game sesuai dengan preferensi pengguna.

Selain itu, motor jalur ganda mendukung dua unit getaran untuk membangun rasa orientasi dan lapisan getaran; kenyaringan speaker ganda setinggi 71.5dB. Baca juga: Padatnya Syuting Ikatan Cinta Tidak Membuat Arya Saloka Tinggalkan Salat

Artikel Asli