Loading...
Loading…
Facebook Didenda Rp66 Miliar di Italia Karena Fitur Nearby Terbukti Menjiplak

Facebook Didenda Rp66 Miliar di Italia Karena Fitur Nearby Terbukti Menjiplak

Teknologi | sindonews | Sabtu, 09 Januari 2021 - 13:40

MENLO PARK - Facebook diperintahkan untuk bayar ganti rugi sebesar USD4,72 juta (sekitar Rp66,4 miliar) kepada developer asal Italia .

Pembayaran ganti rugi ini lantaran fitur "Nearby" Facebook dituding telah menjiplak fitur aplikasi Faround yang sudah lebih dulu ada.

Reuters melaporkan bahwa pengadilan banding yang berbasis di Milan, Italia, memutuskan bahwa pada 2019 Facebook telah mencontek fitur aplikasi Faround milik developer bernama Business Competence.

Kasus ini berawal di tahun 2012. Tahun itu, Business Competence meluncurkan Faround yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan teman Facebook di dekat lokasi mereka.

Aplikasi tersebut dengan cepat mendapatkan pengguna di pasar Italia. Namun, hanya beberapa bulan kemudian, Facebook meluncurkan fiturnya sendiri bernama Nearby dengan harapan akan menjadi pesaing aplikasi serupa seperti Foursquare dan Yelp, dan unduhan Faround pun langsung anjlok.

Pengembang perangkat lunak Italia menanggapi dengan mengajukan gugatan pada 2013, dan Reuters melaporkan bahwa pengadilan mengeluarkan putusan awal yang mendukungnya pada tahun 2016, yang diumumkan pada 2017.

Facebook setuju untuk menghentikan fitur tersebut di Italia saat mengajukan banding atas keputusan tersebut, tetapi hasil pengadilan selanjutnya rupanya memihak Business Competence.

Menanggapi keputusan tersebut, seorang juru bicara Facebook mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan telah "menerima keputusan pengadilan" dan sedang memeriksanya dengan cermat putusan tersebut.

Original Source

Topik Menarik

{
{