Loading...
Loading…
Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Teknologi | inewsid | Jumat, 11 Desember 2020 - 15:05

JAKARTA, iNews.id - Cara memperkuat sinyal Wifi tidak sulit. Ada sejumlah metode yang bisa diterapkan untuk membantu Anda memperkuat sinyal Wifi dan internet.

Kecepatan Wifi dapat bervariasi dari satu hari ke hari berikutnya. Bahkan, terkadang Wifi tidak pernah memberikan kecepatan yang dijanjikan oleh penyedia layanan internet (ISP).

Ada begitu banyak faktor pemicu internet tidak cepat, sehingga seringkali sulit untuk mengetahui cara meningkatkan sinyal. Tapi, masih ada beberapa cara yang bisa diandalkan sebelum memutuskan untuk berpindah ISP.

Jalankan Speed Test

Ada banyak alasan mengapa Wifi Anda lambat. Jadi sebaiknya mulai dari yang dasar. Jalankan speed test untuk melihat jenis kecepatan internet yang dilihat di router sebelum diubah menjadi sinyal nirkabel.

Anda bisa mencoba speedtest.net atau fast.com. Jika tidak melihat setidaknya 5Mbps, Anda mungkin mengalami masalah dengan ISP Anda. Kecepatan 20Mbps jauh lebih umum. Tapi, kecepatan pasti Anda akan bergantung pada ISP dan paket internet.

Ubah Posisi Router

Jika router lulus uji speedtest tapi Wifi tetap lambat coba cara lain. Anda bisa memindah posisi router karena mungkin perangkat ditempatkan diposisi buruk. Sinyal Wifi mengalami masalah saat menembus material padat dan hal-hal tertentu menghentikan sinyal.

Secara umum, tempat terbaik untuk meletakkan router Wifi yakni di lokasi pusat, sehingga router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau ujung-ujung rumah Anda. Tapi, jika Anda sangat membutuhkannya di satu bagin rumah dan mengalami masalah Wifi, pertimbangkan untuk memindahkannya dekat ke tempat internet action berada. Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan mesh router atau wifi repeater.


Update Firmware Router Wifi

Apakah router Anda sudah terbaru? Jika firmware-nya belum diperbarui dalam waktu lama, kinerja bisa tertatih-tatih. Beberapa router dapat memperbarui firmware mereka secara otomatis. Jadi gunakan aplikasi seluler router atau masuk ke panel kontrolnya dan lihat apakah firmware dapat diperbarui. Prosesnya mungkin sangat sulit jika Anda memiliki router model lama. Jadi, periksalah panduang pengguna Anda untuk detail lebih lanjutnya.


Beralih ke Channel yang Tidak Terlalu Padat

Router Anda mungkin memiliki beberapa saluran yang dapat dipilihnya saat menyiarkan sinyal Wi-Fi. Jangan bingung saluran dengan pita frekuensi - ada beberapa saluran dalam pita 2.4GHz dan 5GHz. Sementara sebagian besar router default ke saluran tertentu untuk setiap band, terkadang mereka sangat padat, yang dapat memperlambat Wi-Fi Anda.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{