Setelah WhatsApp Kini Instagram yang Bakal Dapat AI

Setelah WhatsApp Kini Instagram yang Bakal Dapat AI

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 09:25
share

BANYAK perusahaan memang tengah berlomba untuk membuat kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Salah satu yang tengah mengembangkan AI adalah META.

Setelah sebelumnya diterapkan pada WhatsApp, META pun bakal menerapkan AI pada Instagram. Dilansir dari laman engadget, para pengguna Instagram dikabarkan akan bisa menikmati fitur tersebut. Kabarnya, menurut reverse engineer Alessandro Paluzzi, mengklaim bahwa platform tersebut memiliki agen AI di pipeline.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh Alessandro Paluzzi, chatbot yang akan hadir pada Instagram tersebut, akan menjawab pertanyaan dan memberikan saran. Selain itu, kemungkinan akan memiliki sebanyak 30 pilihan kepribadian.

Instagram AI

Chatbots tersebut dikabarkan akan membantu pengguna yang kesulitan menulis pesan. Namun, kemungkinan kamu juga bisa membawa chatbot ke dalam percakapan yang kamu lakukan dengan seseorang dengan cara menyebutkan atau menandainya.

Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan kapan atau apakah Instagram benar-benar akan meluncurkan fitur tersebut. Tapi, tentunya rumor tersebut bukan sekadar isapan jempol belaka.

Karena, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan pada Februari 2023 lalu, bahwa perusahaan tersebut memiliki tim yang mengerjakan \'AI persona\' untuk Instagram, Messenger dan WhatsApp.

Tidak hanya itu, Alessandro Paluzzi pun memiliki rekam jejak yang bagus. DI mana Paluzzi melihat bukti sistem verifikasi berbayar di Instagram hanya beberapa minggu sebelum Meta mengumumkannya.

Selain Instagram, media sosial lainnya yakni TikTok, beberapa waktu lalu juga dikabarkan tengah menguji chatbot bertenaga AI yang disebut Tako. Chatbot tersebut kabarkan bisa merekomendasikan video dan menanggapi pertanyaan tentang apa yang ditonton pengguna.

Chatbot tersebut dikabarkan tengah diuji di Filipina. Hal tersebut disampaikan oleh TikTok dalam sebuah pernyataannya. Di mana TikTok menyebutkan Tako didukung oleh asisten obrolan pihak ketiga yang dirancang untuk membantu mempermudah menemukan konten yang menghibur dan menginspirasi di TikTok.

Menariknya, meski masih dalam tahap awal pengujian, Tiktok sepertinya akan menampilkan Tako dengan cukup menonjol di aplikasi tersebut.

Topik Menarik