11 Terobosan Produk Baru Apple Di Ajang WWDC 2023, Simak Bocorannya

11 Terobosan Produk Baru Apple Di Ajang WWDC 2023, Simak Bocorannya

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 22:54
share

AKURAT.CO Apple menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023. Event developer tahunan ini diselenggarakan pada 5-9 Juni 2023. Presentasi keynote besar Apple untuk memulai WWDC 2023 berdurasi lebih dari dua jam.

WWDC 2023 masih akan diselenggarakan secara online dan akan disiarkan secara langsung di situs resmi Apple. Namun seperti tahun lalu akan ada \'special experience\' di Apple Park pada 5 Juni (6 Juni 2023 waktu Indonesia) untuk developer dan siswa.

Lantas, apa saja yang dirilis di WWDC 2023? Setidaknya terdapat 11 produk yang dirilis Apple di WWDC 2023. Produk-produk itu meliputi Macbook Air pertama dengan bentang layar 15 inci, serta Mac Studio dan Mac Pro terbaru yang dibekali chip M2 Ultra.

Inovasi produk terbaru Apple di ajang WWDC 2023

Berikut ringkasan singkat dan kejutan menyenangkan dari ajang tersebut, seperti mengutip dari Macworld, Selasa (6/6/2023).

1. MacBook Air 15 inci

Ini pada dasarnya identik dengan model M2 13 inci, hanya dengan layar 15 inci yang lebih besar. Macbook Air 15 inci didukung dengan koneksi Magsafe, USB tipe C, dan jack audio. Macbook Air 15 inci sudah bisa dipesan sekarang, tetapi baru mulai tersedia di pasar pada 13 Juni mendatang.

Harga mulai dari 1.299 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp19,2 juta dan MacBook Air M2 13 inci mendapatkan penurunan harga menjadi 1.099 dolar AS atau sekitar Rp16,2 juta.

2. Chip M2 Ultra

Apple turut merilis chip terbaru untuk desktopnya, yaitu chip M2 Ultra, model tertinggi dari seri chip M2 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun lalu. Chip ini dirancang dengan teknologi fabrikasi 5 nm dan diklaim 20 persen lebih cepat dibanding M1 Ultra.

3. Mac Studio M2 Ultra

Apple memboyong M2 Ultra yang baru dirilis ke perangkat desktop portabel Mac Studio terbaru. Mac Studio terbaru hadir dalam dua pilihan chip antara M2 Max atau M2 Ultra. Mac Studio ini dibekali RAM hingga 192 GB dan memori hingga 8 TB.

4. Mac Pro M2 Ultra

Selain Mac Studio, di WWDC 2023, Apple juga merilis perangkat desktop workstation Mac Pro terbaru yang juga telah didukung chip M2 Ultra. Mac Pro terbaru telah didukung dengan delapan port koneksi thunderbolt.

5. iOS 17

Salah satu produk yang cukup ditunggu adalah sistem operasi terbaru iPhone, yaitu iOS 17. Penerus iOS 16 itu dibekali beberapa fitur baru, salah satunya yang menarik adalah poster kontak, yang memungkinkan pengguna membuat poster buat ditampilkan saat menelepon.

6. iPadOS 17

Apple turut merilis sistem operasi terbaru untuk iPad, yakni iPadOS 17. Sistem operasi iPad terbaru itu membawa sejumlah fitur baru, seperti fitur modifikasi Lock Screen, penambahan aplikasi Health, fitur AutoFill di dokumen PDF, dan masih banyak lagi.

7. Mac Pro dengan Apple Silicon

Apple akhirnya menyelesaikan transisinya ke Apple Silicon dengan Mac Pro baru. Itu dibangun ke dalam penutup yang identik dengan model berbasis Intel tetapi menggunakan M2 Ultra, delapan port Thunderbolt, dan enam slot PCle gen 4.

Slot tersebut mendukung peningkatan seperti penyimpanan, jaringan, dan antarmuka A/V, tetapi tampaknya Anda tidak dapat meningkatkan RAM atau grafik di Apple Silicon Mac Pro. Harga mulai dari 6.999 dolar AS, tepatnya 3.000 dolar AS atau sekitar Rp44,4 juta lebih mahal daripada Mac Studio dengan konfigurasi serupa.

8. MacOS 14 Sonoma

Nama untuk versi 14 adalah macOS Sonoma, dan itu termasuk widget di mana saja di desktop, Game Mode dan kit porting gim baru untuk pengembang, pembaruan besar untuk Safari, screensaver video gerak lambat, dan banyak lagi.

Ditambah, tentu saja, sebagian besar fitur inti iOS dan iPadOS, sepert koreksi otomatis yang ditingkatkan dan pengisian otomatis PDF, juga akan hadir di macOS.

9. WatchOS 10

Untuk perangkat jam tanggan pintar Apple Watch, Apple merilis sistem operasi terbaru, yaitu WatchOS 10. Di WatchOS 10, salah satu fitur terbaru yang cukup menarik adalah fitur pemantauan kondisi kesehatan mental pengguna lewat aplikasi Mental Health.

10. Fitur perangkat Audio dan Home

Perangkat Audio dan Home, seperti Apple TV, speaker HomePod, dan AirPods, juga tak luput mendapat pembaruan fitur. Misalnya, Apple TV lewat TVOS terbaru kini dapat dipakai untuk mengakses FaceTime dengan kamera dari iPhone atau iPad yang tertaut.

11. Vision Pro

Salah satu produk yang cukup menyita perhatian adalah Vision Pro. Vision Pro merupakan perangkat AR Apple pertama yang rumornya sudah ramai beredar beberapa tahun belakangan.

Vision Pro memiliki kaca yang transparan, mirip seperti kacamata Goggles (kacamata pelindung). Dengan kaca transparan itu, mata pengguna dapat dilihat dari luar. Penggunaan kaca transparan ini yang membedakan Vision Pro dengan headset AR dan VR lain.

Headset AR dan VR Apple ini rencananya bakal mulai dijual di Amerika Serikat (AS) awal tahun depan dengan harga 3.500 dolar AS (sekitar Rp52 juta). Demikianlah daftar produk yang dirilis Apple di WWDC 2023, mana yang paling kamu tunggu?[]

Topik Menarik