Cara Buat Nada Dering WhatsApp Ada Namanya, Mudah dan Praktis

Cara Buat Nada Dering WhatsApp Ada Namanya, Mudah dan Praktis

Teknologi | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 23:13
share

JAKARTA, iNews.id - Sudah tahu cara buat nada dering WhatsApp ada namanya? Bagi yang belum tahu caranya, Anda bisa mengetahuinya di sini.

WhatsApp merupakan layanan pesan singkat yang sangat populer. Platform yang dikembangkan oleh Meta ini tidak hanya untuk pesan teks, tapi juga sering digunakan berbagi file media seperti foto dan video antar pengguna.

WhatsApp mempunyai fitur bawaan ringtone yang berfungsi sebagai pertanda pesan masuk. Namun nada dering ini jumlahnya terbatas dan terkesan monoton bagi sebagian orang.

Jika merasa kurang puas dengan nada dering bawaan di WhatsApp, pengguna sebenarnya bisa menambahkan suara lainnya yang diunduh melalui internet. Selain itu, pengguna juga dapat membuat nada dering WhatsApp dengan namanya sendiri.

Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan tanpa tambahan aplikasi apapun. Lantas bagaimana cara membuat nada dering WhatsApp sebut nama sendiri? Suara tersebut bisa dibuat melalui situs web Sound of Text.

Secara sederhana, pengguna dapat mengetik teks pada layanan tersebut. Tulisan itu akan diubah menjadi suara atau audio yang dapat digunakan sebagai nada dering WhatsApp. Begini caranya.


Cara Buat Nada Dering WhatsApp Ada Namanya

1. Buka browser pada perangkat Anda, lalu masuk ke situs Sound of Text atau akses soundoftext.com.

2. Pada kolom yang tersedia, ketik nama yang ingin dijadikan sound.

3. Pilih suara menggunakan bahasa Indonesia, lalu tekan Submit.

4. Tunggu proses konversi teks ke audio hingga selesai.

5. Setelah itu tekan Download untuk menyimpan file audio ke perangkat.

Jika telah tersimpan di ponsel, audio tersebut siap untuk digunakan sebagai nada dering. Namun audio ini tidak otomatis terpasang. Pengguna mesti mengaturnya secara manual. Berikut ini cara mengganti nada dering WhatsApp nama sendiri.

1. Buka Setting, lalu masuk ke Notifikasi dan Pusat Kontrol.

2. Kemudian pilih Notifikasi aplikasi.

3. Selanjutnya cari WhatsApp pada daftar aplikasi yang tersedia, lalu pilih notifikasi.

4. Kemudian pilih Suara, dan tekan Nada Dering Lokal.

5. Secara otomatis File Manager akan terbuka, lalu cari file audio yang telah diunduh melalui soundoftext.com sebelumnya.

6. Tekan Terapkan.

7. Selesai, nada dering WhatsApp sudah diganti.

Demikian cara buat nada dering WhatsApp ada namanya. Metode ini bisa juga digunakan membuat audio lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.