Prigozhin Sebut Ada Faksi-Faksi di Kremlin yang Tabur Perselisihan antara Wagner dan Pejuang Chechnya

Prigozhin Sebut Ada Faksi-Faksi di Kremlin yang Tabur Perselisihan antara Wagner dan Pejuang Chechnya

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 21:20
share

MOSKOW, iNews.id - Pemimpin tentara bayaran Rusia, Wagner Group, Yevgeny Prigozhin mengatakan faksi-faksi Kremlin tengah menghancurkan negara. Mereka dengan mencoba menabur perselisihan antara Wagner dan para pejuang Chechnya.

Perselisihan itu sekarang telah diselesaikan tetapi pertikaian di Kremlin telah membuka Kotak Pandora, katanya, Sabtu (3/6/2023).

Prigozhin merupakan anggota di lingkaran Presiden Vladimir Putin yang lebih luas. Dia telah menuai ketenaran yang lar biasa selama perang 15 bulan di Ukraina.

Pasukannya telah mempelopori pertempuran di Kota Bakhmut dan di tempat lain. Namun Wager juga berselisih dengan militer Rusia mengenai taktik, dukungan logistik, dan masalah lainnya.

Prigozhin mengatakan perselisihan antara dia dan pasukan Chechnya yang juga berperang bersama tentara Rusia di Ukraina telah diselesaikan. Tapi dia menyalahkan perselisihan tersebut pada faksi Kremlin yang tidak dikenal - yang dia sebut menara Kremlin.

Rencana licik mereka menjadi sangat tidak terkendali sehingga Putin terpaksa memarahi mereka di pertemuan Dewan Keamanan, katanya.

Dia menambahkan, kotak Pandora sudah terbuka dan bukan pihaknya yang membuka.

Beberapa menara Kremlin memutuskan untuk memainkan permainan berbahaya. Permainan berbahaya telah menjadi hal biasa di menara Kremlin...mereka hanya menghancurkan negara Rusia, kata Prigozhin dalam pesan yang diposting oleh layanan persnya.

Dia tidak mengidentifikasi faksi Kremlin tetapi mengatakan bahwa mereka melanjutkan upayanya untuk menyebarkan perselisihan. Sayang Kremlin tidak mengomentari ucapannya.

Prigozhin juga mengatakan setiap pertempuran antara pasukan khusus Akhmat pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan Wagner akan mengakibatkan pertumpahan darah yang serius. Dia juga kembali melampiaskan amarahnya tentang keadaan perang saat ini dan kesalahan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum, Valery Gerasimov.

Kementerian Pertahanan tidak dalam keadaan untuk melakukan apa pun karena secara de-facto tidak ada - itu dalam kekacauan, kata Prigozhin.

Topik Menarik