5 Cara Mengobati Telinga Keluar Cairan seperti Ingus

5 Cara Mengobati Telinga Keluar Cairan seperti Ingus

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 20:30
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengobati telinga keluar cairan seperti ingus ada beberapa cara. Terutama bagi anak-anak yang sering mengalami masalah ini.

Sebenarnya keluarnya cairan dari telinga hal yang wajar, apalagi kotoran telinga bisa keluar dalam bentuk cairan. Namun biasanya kondisi lain terjadi yakni cairan telinga keluar seperti ingus.

Ada banyak penyebab telinga keluar cairan seperti ingus, mulai dari infeksi telinga, air setelah mandi atau air mata yang masuk ke telinga bisa keluar lagi dalam bentuk cairan. Namin cairan bisa juga disebabkan oleh trauma telinga.

Trauma telinga ini terjadi karena telinga kemasukan benda asing, seperti makanan, serangga, kapas, hingga biji-bijian. Namun tak perlu khawatir, masalah telinga keluar cairan seperti ingus bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya, Sabtu (3/6/2023).


Cara mengobati telinga keluar cairan seperti ingus:



1. Hirup air hangat
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati telinga keluar cairan seperti ingus dengan menghirup air hangat. Dengan menghirup air hangat bisa membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan di saluran napas atas. Selain itu juga dapat mengurangi tekanan pada gendang telinga. Anda bisa menyiapkan air hangat ke dalam wadah lalu posisikan hidung di atas wadah yang mengeluarkan asap. Lakukan selama 5-10 menit.

2. Kompres dengan minyak hangat
Cara selanjutnya bisa mengompres dengan minyak hangat. Anda bisa menggunakan minyak wijen atau minyak zaitun. Caranya dengan menuangkan 2-3 tetes minyak yang sudah dihangatkan ke kain lalu kompres ke bagian telinga.



3. Angkat kepala
Bagi Anda yang mengalami kondisi telinga keluar cairan seperti ingus, bisa mengangkat sedikit kepala. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan drainase sinus. Untuk sementara waktu, Anda bisa meletakkan satu atau dua bantal di bawah kasur agar sandaran kepala lebih tinggi.

4. Gunakan obat tetes
Anda juga bisa menggunakan obat tetes untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya obat tetes mengandung ekstrak alami yang mampu meredakan nyeri hingga mengobati telinga yang mengeluarkan cairan.

5. Konsumsi banyak air
Cara mengobati telinga keluar cairan seperti ingus yang terakhir konsumsi banyak air. Cairan yang keluar dari telinga ternyata berdampak pada tubuh mengalami dehidrasi lho. Bagi Anda atau anak-anak yang mengalami masalah itu, jangan lupa untuk memberi asupan cairan seperti air ke dalam tubuh.