Ketahui 5 Cara Agar Whatsapp Tidak Mudah Dibajak

Ketahui 5 Cara Agar Whatsapp Tidak Mudah Dibajak

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 18:11
share

AKURAT.CO Whatsapp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang banyak digunakan sehari-hari. Di dalam aplikasi tersebut tentu berisi banyak data dan privasi pengguna yang harus diamakan. Karenanya, penting untuk mengetahui cara agar Whatsapp tidak mudah dibajak.

Di era ini keamanan digital mengalami peningkatan hingga menimbulkan ancaman penipuan online sampai pembajakan Whatsaapp. Oleh sebab itu, Whatsapp merilis Pusat Keamanan global baru agar pengguna dapat mempelajari lebih lanjut mengenai cara melindungi diri dari penipuan, spam dan kontak yang tidak diinginkan.

Whatsapp lantas membagikan hal tersebut agar pengguna dapat mengetahuinya secara pasti.

5 Cara Agar WhatsApp Tidak Mudah Dibajak

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna agar Whatsapp tidak mudah dibajak dan keamanan akun terjamin, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (2/6/2023).

1. Periksa perangkat tertaut secara berkala

Cara agar Whatsapp tidak mudah dibajak pertama yakni selalu periksa perangkat tertaut secara berkala. Fitur ini akan menampilkan daftar semua perangkat yang telah mengakses akun Whatsapp pengguna.

Jika menemukan perangkat yang tidak dikenali segera keluarkan perangkat tersebut. Apabila mencurigai seseorang telah menggunakan akun pribadi pengguna melalui Whatsapp Web/Desktop maka pengguna akan dapat langsung keluar dari semua komputer melalui ponsel yang digunakan.

2. Menjaga privasi dalam percakapan grup

Pengaturan privasi dan sistem undangan grup Whatsapp memberikan pengguna manfaat untuk menyortir siapa saja yang dapat menambahkan ke dalam sebuah grup. Hal tersebut tentu berguna untuk meningkatkan privasi dan mencegah orang lain menambahkan ke dalam grup yang tidak diinginkan.

Dengan hal tersebut pengguna juga hanya bisa ditambahkan ke grup oleh nomor yang sudah di-save atau bukan oleh nomor yang tidak dikenali. Dan pengguna memiliki opsi untuk keluar dari grup secara pribadi tanpa sepengetahuan anggota lainnya.

3. Aktifkan verifikasi dua langkah

Cara agar Whatsapp tidak mudah dibajak selanjutnya dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Hal tersebut tentu dapat membuat akun pengguna jadi lebih aman.

Setelah diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan enam digit PIN saat mengatur ulang atau memverifikasi akun. Langkah itu bertujuan untuk melindungi akun dari serangan phising dan upaya pengambilalihan akun oleh penipu.

4. Blokir Whatsapp yang mencurigakan

Apabila mendapatkan pesan Whatsapp yang mencurigakan dan dari nomor tidak dikenal segera blokir dan laporkan nomor tersebut. Hal itu dapat dilakukan dengan mudah dan untuk menjaga keamanan akun pengguna.

Setelah melaporkan dan memblokir akun tersebut Whatsapp akan menerima lima pesan terakhir dari percakapan dan dapat memblokir akun tersebut apabila terbukti melanggar Ketentuan Layanan.

Selain itu, kontak yang diblokir pengguna tidak akan dapat lagi menelpon atau mengirimkan pesan pribadi.

5. Hindari penggunaan Whatsapp tidak resmi

Wajib untuk selalu mengunduh Whatsapp di situs resmi dan disarankan untuk menghindari mengunduh Whatsapp versi palsu atau tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga di Android atau iOS.

Aplikasi palsu itu dapat mengandung malware yang dapat mencuri data atau merusak ponsel sehingga privasi serta keamanan akun pengguna terancam. Aplikasi palsu tersebut juga dapat mengakses informasi pribadi yang tidak terlindungi oleh enkripsi end to end.

Jika pengguna menerima peringatan yang tertulis bahwa Aplikasi Ini Palsu di App Store maka segera hapus aplikasi tersebut dan unduh versi resminya.

Itulah beberapa cara agar Whatsapp tidak mudah dibajak yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Semoga bermanfaat.

Topik Menarik