Mekanik: Pengertian, Tugas, Kualifikasi dan Peluang Karirnya

Mekanik: Pengertian, Tugas, Kualifikasi dan Peluang Karirnya

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 23:46
share

Mekanik merupakan istilah yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama mereka yang berkaitan atau memiliki kepentingan dengan dunia mesin. Pekerjaan yang satu ini banyak diminati, sebab peluang kerjanya masih terbilang cerah dan cukup banyak dibutuhkan.

Sama seperti profesi lainnya, mekanik juga tentu wajib memiliki skill yang mumpuni di bidangnya. Hal ini biasanya didapatkan dengan menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun bangku kuliah untuk jurusan yang berkaitan dengan bidang yang satu ini.

Pengertian Mekanik

Meski istilah mekanik terbilang familiar, namun sebagian orang kerap salah menafsirkan arti kata yang satu ini. Hal ini cukup wajar, mengingat mekanik memang menangani pekerjaan di dunia mesin yang terbilang luas dan tidak hanya pada satu bidang tertentu saja.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonsia (KBBI), mekanik diartikan sebagai ahli mesin. Istilah yang satu ini berasal dari kata Mekanika yang memiliki arti, cabang ilmu yang mempelajari fungsi serta cara kerja mesin.

Jika melihat penjelasan di atas, maka mekanik bisa diartikan sebagai seseorang yang mempunyai pemahaman yang baik tentang mekanika itu sendiri. Artinya, yang bersangkutan dibekali dengan kemampuan yang baik dalam bidang mekanika tersebut.

Di dalam prakteknya, mekanika itu sendiri tak hanya mencakup tentang dunia mesin kendaraan. Namun sebaliknya, mekanika juga berkaitan dengan bebagai jenis mesin-mesin lain yang digunakan di berbagai industri dan yang lainnya.

Mekanika itu sendiri memiliki arti, gerakan suatu benda serta efek gaya yang ditimbulkan dari gerakan tersebut. Pengertian tersebut membuat setiap orang yang belajar atau bekerja dalam bidang mesin industri, robotika, sepeda dan yang lainnya juga bisa disebut sebagai mekanik.

Cakupan yang luas seperti inilah yang kerap tidak dipahami oleh semua orang, sehingga kebanyakan orang berpendapat bahwa mekanik adalah seseorang yang bekerja untuk merawat atau membenahi mesin kendaraan yang rusak saja.

Tugas-tugas Seorang Mekanik

Mekanik pada umumnya akan bekerja pada mesin, baik itu mesin yang berukuran kecil maupun mesin yang berukuran besar sekaligus. Jika melihat kenyataan tersebut, jelas lingkup pekerjaan yang satu ini memang luas dan tentu saja membutuhkan kemampuan yang tidak main-main.

Pada dasarnya, seorang mekanik akan memiliki tiga tanggung jawab sekaligus di dalam pekerjaannya, antara lain:

Di dalam prakteknya, seorang mekanik tidak wajib untuk menguasai semua keahlian untuk melakukan ketiga tugas di atas. Namun meski begitu, seorang mekanik yang sudah ahli biasanya akan memiliki pemahaman yang baik terkait ketiga prosedur yang dilakukan di dalam pekerjaannya tersebut.

Tugas seorang mekanik memang tidak spesifik hanya untuk bidang tertentu saja. Hal ini tentu masuk akal, mengingat pekerjaan terkait dunia mesin itu sendiri begitu luas dan mencakup banyak bidang sekaligus. Namun meski begitu, mekanik tentu harus menguasai ilmu dasar terkait dunia mesin itu sendiri, agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Seorang mekanik bisa saja bekerja di mesin industri yang besar, sedangkan mekanik lainnya di mesin sepeda motor yang terbilang simpel dan kecil. Tugas dan tanggung jawab mekanik yang bekerja di mesin berat tentu akan berbeda dengan tugas mekanik sepeda motor.

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan seorang mekanik:

Kualifikasi Seorang Mekanik

Jika melihat tanggung jawabnya yang cukup besar, seorang mekanik tentu harus memiliki keahlian mumpuni di bidangnya tersebut. Hal ini berlaku untuk semua mekanik, baik itu yang bekerja untuk melakukan perawatan, perbaikan, maupun pemasangan mesin itu sendiri.

Sama halnya dengan profesi lain, mekanik juga wajib memenuhi kualifikasi tertentu dalam pekerjaannya. Hal ini tentu untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar memiliki keahlian yang memadai dan layak untuk menangani pekerjaannya dengan baik.

Simak beberapa kualifikasi umum yang harus dimiliki oleh mekanik berikut ini:

Berdasarkan kualifikasi di atas, jelas terlihat bahwa mekanik memiliki tugas yang sangat kompleks, sehingga akan membutuhkan pengetahuan yang cukup luas terhadap dunia mesin itu sendiri.

Namun pekerjaan mekanik pada umumnya hanya fokus pada salah satu atau beberapa tugas saja, meskipun idealnya yang berkaitan memiliki pemahaman yang luas terhadap bidang pekerjaan yang digelutinya tersebut.

Peluang Karir Mekanik

Di tanah air sendiri, peluang karir untuk pekerjaan yang satu ini terbilang sangat cerah. Jadi wajar saja jika jurusan yang satu ini juga menjadi salah satu yang paling diminati di bangku kuliah, bahkan di sekolah menengah sekalipun. Setiap tahunnya ada banyak pelajar yang mencoba peruntungannya untuk bisa mengambil jurusan yang satu ini di bangku kuliah.

Perkembangan industri yang luas di Indonesia merupakan peluang karir yang bagus untuk para mekanik. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga di bidang ini, sebab hampir semua perusahaan-perusahaan besar menggunakan mesin di dalam kegiatan operasional mereka.

Selain itu, perkembangan dunia otomotif yang pesat juga membuka peluang karir yang baik untuk para mekanik. Mekanik bisa bekerja di perusahaan-perusahaan swasta maupun milik pemerintah, di mana mereka dapat mengembangkan karir profesionalnya sesuai dengan level kemampuan yang dimilikinya.

Namun bukan hanya itu saja, seorang mekanik juga bisa bekerja secara mandiri, tanpa bergabung dengan perusahaan atau bisnis milik orang lain. Mereka bisa membuka layanan untuk berbagai mesin yang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, misalnya membuka bengkel mobil atau bengkel sepeda motor.

Secara garis besar, penghasilan seorang mekanik juga terbilang cukup besar. Rata-rata seorang mekanik junior bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 4 juta sampai 6 juta perbulannya, tergantung kebijakan perusahaan dan juga lokasi di mana yang bersangkutan bekerja.

Sedangkan untuk seorang mekanik senior yang sudah ahli atau berpengalaman bisa saja mendapatkan gaji sampai belasan juta rupiah per bulannya. Besaran gaji ini tentu akan tergantung pada kebijakan perusahaan dan juga lokasi kerja mekanik tersebut.

Profesi dengan Peluang Kerja Cerah

Mekanik adalah pekerjaan yang berkaitan dengan mesin dan cukup diminati di tanah air. Peluang karir untuk mekanik terbilang luas, mengingat dunia industri di tanah air juga begitu berkembang dengan pesat. Selain itu, penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini juga terbilang tinggi dan sangat layak untuk dijadikan sebagai pertimbangan.


Topik Menarik