MK Diminta Jangan Main Di Belakang Layar

MK Diminta Jangan Main Di Belakang Layar

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 16:59
share

AKURAT.CO , Mahakamah Konstitusi (MK) diminta untuk tidak bermain di belakang layar dalam memutuskan gugatan sistem pemilu. Sistem proporsional tertutup dinilai akan menjadikan demokrasi di Indonesia mandek.

"MK jangan main hati atau main di belakang layar, walaupun kita belum tahu bagaimana keputusunnya nanti," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin dihubungi Akurat.co di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Dia berharap MK dalam memutuskan gugatan sistem pemilu untuk bersikap netral alias tidak berpihak kepada kepentingan kelompok tertentu.

"Sikap MK harus netral, MK harus mendengar suara orang banyak, penolakan delapan partai politik sudah mewakili sikap rakyat yang tidak mau sistem pemilu tertutup," ujarnya.

Ujang menambahkan apabila MK pada akhirnya memutuskan pemilu kembali ke sistem proporsional tertutup, maka akan membuat demokrasi di Indonesia mandek.

"Jika MK memutuskan sistem pemilu tertutup, artinya demokrasi kita mengalami kemunduran bukan kemajuan karena pada tahun 2008 MK sendiri memutuskan sistem pemilu menjadi tertutup," tuturnya. []

Topik Menarik