Kamera iPhone 15 Pro Tetap Sama dengan iPhone 14 Pro Max?

Kamera iPhone 15 Pro Tetap Sama dengan iPhone 14 Pro Max?

Teknologi | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 15:50
share

MENDEKATI peluncurannya, semakin banyak bocoran soal spesifikasi iPhone 15 yang beredar di internet. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah terkait dengan kamera yang digunakan oleh iPhone.

Beredar rumor bahwa iPhone 15 Pro Max mungkin akan menggunakan sensor baru Sony IMX903. Tapi, belakangan berita ini berubah lagi dan iPhone 15 Pro Max disebut akan menggunakan kamera serta teknologi yang sama dengan generasi sebelumnya yaitu iPhone 14 Pro Max.

Adapun untuk teknologi dan kamera yang dimaksud ialah kamera berukuran 48 MP dengan sensor Sony IMX803. Selain itu, dalam laporan GSM Arena seperti dilansir dari Antara, iPhone 15 Pro Max juga tetap mempertahankan panel layar yang serupa dengan iPhone 14 Pro series.

Panel layar yang dimaksud ialah panel M12 OLED dan tidak akan mendapatkan peningkatan kecerahan atau teknologi baru. Meskipun demikian, tampilan pada iPhone 15 Pro Max mungkin tidak persis sama ukurannya dengan iPhone 14 Pro Max.

Karena laporan saat ini mengklaim bahwa ponsel baru ini akan memiliki ukuran lebih kecil dengan panjang 159,8 milimeter dan lebar 76,6 milimeter. Berbeda dengan iPhone 14 Pro Max yang memiliki panjang 160,7 milimeter dan lebar 77,6 milimeter.

Peningkatan yang mungkin hadir di iPhone 15 Pro Max adalah hadirnya kamera telefoto periskop dengan kemampuan pembesaran 6x lipat yang akan eksklusif hadir di ponsel ini saja dan tidak pada versi Pro biasa. Dari segi pengisian daya, ponsel iPhone 15 series sebelumnya dirumorkan akan menggunakan dukungan pengisian daya USB Type C.

Sekadar informasi, salah satu pembocor kenamaan di Twitter, @URedditor menyebut iPhone 15 Pro Max secara eksklusif akan memiliki lensa Telefoto yang ditingkatkan dengan teknologi periskop.

Lensa periskop akan mengaktifkan zoom optik hingga 5x-6x saat mengambil foto dengan kamera belakang pada iPhone 15 Pro Max, dibandingkan dengan hingga 3x pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Saat mengambil foto, zoom optik tidak buram saat memperbesar, seperti zoom digital.

Teknologi ini memungkinkan peningkatan optical zoom dan sudah digunakan oleh beberapa merek Android seperti Samsung, Google, dan Huawei, dengan ponsel seperti Pixel 7 Pro dan Galaxy S23 Ultra menawarkan antara 5x dan 10x optical zoom.

Apple disebut meluncurkan iPhone 15 Pro Max pada bulan September. Model mendatang lainnya, termasuk iPhone 15, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15 Pro, diperkirakan tidak akan menampilkan lensa periskop.

Topik Menarik