Gokil! Akhirnya Dapat Izin BPOM AS, Elon Musk Bersiap Uji Klinis Implan Otak untuk Manusia

Gokil! Akhirnya Dapat Izin BPOM AS, Elon Musk Bersiap Uji Klinis Implan Otak untuk Manusia

Teknologi | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 11:38
share

Neuralink, startup neurotech yang didirikan oleh Elon Musk mengumumkan telah menerima persetujuan dari Food and Drug Administration (BPOM AS) untuk melakukan studi klinis manusia pertama mereka.

Neuralink sedang membangun implan otak yang disebut Link. Implan tersebut bertujuan untuk membantu pasien dengan teknologi eksternal kontrol kelumpuhan parah hanya menggunakan sinyal saraf.

Ini berarti pasien dengan penyakit degeneratif parah seperti ALS dapat memperoleh kembali kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan orang yang dicintai dengan menggerakkan kursor dan mengetik dengan pikiran mereka.

"Ini adalah hasil kerja luar biasa oleh tim Neuralink dalam kerja sama erat dengan FDA dan merupakan langkah pertama yang penting yang suatu hari akan memungkinkan teknologi kami membantu banyak orang," tulis perusahaan itu dalam tweet, sebagaimana dikutip dari CNBC International di Jakarta, Senin (29/5/23).

Meski demikian, Neuralink mengatakan dalam sebuah tweet bahwa perekrutan pasien untuk uji klinisnya belum dibuka.

Neuralink adalah bagian dari industri antarmuka otak-komputer atau brain-computer interface (BCI) yang sedang berkembang. BCI adalah sistem yang menguraikan sinyal otak dan menerjemahkannya menjadi perintah untuk teknologi eksternal. Neuralink mungkin adalah nama paling terkenal di luar angkasa berkat profil tinggi Musk, yang juga merupakan CEO Tesla, SpaceX, dan Twitter.

Para ilmuwan telah mempelajari teknologi BCI selama beberapa dekade, dan beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem yang menjanjikan yang diharapkan dapat mereka bawa ke pasar.

Tetapi menerima persetujuan FDA untuk perangkat medis komersial bukanlah tugas kecil, ini mengharuskan perusahaan untuk berhasil melakukan beberapa putaran pengujian dan pengumpulan keamanan data yang sangat menyeluruh.

Hingga hari ini, belum ada perusahaan BCI yang berhasil mendapatkan persetujuan akhir dari FDA. Tetapi dengan menerima lampu hijau untuk studi dengan pasien manusia, Neuralink selangkah lebih dekat ke pasar.

BCI Neuralink akan mengharuskan pasien menjalani operasi otak invasif. Sistemnya berpusat di sekitar Tautan, implan melingkar kecil yang memproses dan menerjemahkan sinyal saraf. Tautan terhubung ke serangkaian benang tipis dan fleksibel yang dimasukkan langsung ke jaringan otak tempat mereka mendeteksi sinyal saraf.

Pasien dengan perangkat Neuralink akan belajar mengendalikannya menggunakan aplikasi Neuralink. Pasien kemudian akan dapat mengontrol mouse dan keyboard eksternal melalui koneksi Bluetooth, menurut situs web perusahaan.

Persetujuan FDA untuk studi manusia adalah kemenangan yang signifikan bagi Neuralink setelah serangkaian rintangan di perusahaan.

Selain membantu pasien dengan kelumpuhan, para ahli percaya BCI suatu hari nanti dapat membantu mengobati penyakit seperti kebutaan dan penyakit mental. Musk telah menyatakan niatnya agar Neuralink mengeksplorasi kasus penggunaan di masa depan ini, serta aplikasi potensial untuk orang sehat.

Elon Musk bahkan mengklaim bahwa dia berencana untuk suatu hari nanti menerima salah satu implan Neuralink sendiri.

"Anda dapat memasang perangkat Neuralink sekarang dan Anda bahkan tidak akan tahu," kata Musk saat itu. Faktanya, di salah satu demo ini, saya akan melakukannya.

Topik Menarik