Valve Berikan Kemudahan Mencari Gim, Optimalkan Fungsi Pencarian di Steam

Valve Berikan Kemudahan Mencari Gim, Optimalkan Fungsi Pencarian di Steam

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 12:12
share

JAKARTA, celebriites.id - Valve kembali melakukan peningkatan fitur pada kolom pencarian di platform Steam. Sontak, layanan distribusi game digital itu pun lebih memudahkan penggunanya untuk mencari segala sesuatu melalui kolom pencarian.

Nantinya, pada hasil pencarian akan terlihat berbagai informasi yang berkaitan dengan input yang dimasukkan pengguna.

Ketika mengetik kata kunci di kolom pencarian, toko Steam akan memberikan rekomendasi tag, pengembang, hingga penerbit game berdasarkan kecocokannya.

Sebagai contoh, apabila pengguna menginput kata kunci \'Sony\' maka akan muncul opsi halaman penerbit PlayStation Studios di antara beberapa rekomendasi hasil pencarian. Kemudian ketika memasukkan kata \'Free\' maka sistem Steam akan menampilkan tag game gratis serta halaman penerbit Freedom Games.

Pengguna juga dapat mencari semua gim waralaba seperti Final Fantasy atau Star Wars di Steam hanya melaui kolom pencarian.

Seperti dilansir dari Engadget, Minggu (7/5/2023), Valve juga menghadirkan pembaruan fitur lainnya di pencarian Steam. Aplikasi toko game online itu kini sudah mampu mentoleransi kesalahan pengetikan (typo).

Hal ini sangat berguna apabila pengguna tidak mengetahui persis judul dan cara pengejaan suatu game. Steam akan memberikan rekomendasi paling dekat dengan kata atau kalimat yang dimasukkan pengguna.

Sebagai contoh, kata kunci \'Call of Doo\' yang diinput akan memberikan rekomendasi hasil yang mendekati seperti Call of Duty atau judul lainnya.

Pencarian Steam yang makin optimal kemungkinan akan menarik lebih banyak pengguna mencari game berdasarkan preferensinya. Hal ini akan berujung pada pendapatan Steam itu sendiri ketika semakin banyak gamers yang membeli judul game baru.

Para pesaing Steam, Sony dan Microsoft belum lama ini juga membawa pembaruan untuk toko game online mereka. Tujuannya jelas untuk mempermudah pengguna mendapatkan game yang dicari.

Pada aplikasi PC Xbox misalnya, kini telah memungkinkan penggunanya mencari game berdasarkan fitur aksesibilitas dan perkiraan waktu bermain game. Kemudian di PlayStation Store, Sony menambahkan tag aksesibilitas ke game PS4 dan PS5 pada bulan lalu.

Topik Menarik