Apple Tegaskan Tidak PHK Karyawan dalam Waktu Dekat, CEO Apple Tim Cook: Itu Pilihan Terakhir

Apple Tegaskan Tidak PHK Karyawan dalam Waktu Dekat, CEO Apple Tim Cook: Itu Pilihan Terakhir

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 07:41
share

JAKARTA, celebrities.id - Apple memastikan tidak memiliki rencana untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan besar-besaran dalam waktu dekat. Kabar ini akan cukup membuat karyawan Apple merasa lega.

CEO Apple Tim Cook mengatakan keputusan PHK hanya akan dilakukan sebagai pilihan terakhir dari perusahaan. Beberapa bulan belakangan, isu PHK memang sedang banyak menerjang perusahaan teknologi dunia. Nama-nama besar seperti Amazon, IBM, Meta, Alphabet, hingga Microsoft pun tak luput dari badai PHK.

Maraknya pemutusan kontrak kerja ini dikarenakan kondisi ekonomi yang goyah pasca pandemi, permintaan yang rendah, dan tenaga kerja yang berlebih membuat perusahaan tidak stabil. Namun di tengah kondisi sulit, Apple termasuk salah satu perusahaan yang paling sedikit melakukan PHK. Bahkan dalam wawancara terbarunya dengan CNBC, Cook menyatakan tidak berpikir untuk melakukan PHK massal seperti perusahaan teknologi lainnya.

Dia mengatakan bahwa PHK bukanlah sesuatu yang dipertimbangkan Apple saat ini. Keputusan PHK diambil dalam kondisi tertentu dan dijadikan opsi terakhir.

"Saya melihat itu sebagai upaya terakhir, dan, jadi PHK massal bukanlah sesuatu yang sedang kita bicarakan saat ini," kata Cook kepada CNBC, dikutip dari TechSpot, Sabtu (6/5/2023).

Meskipun begitu, bukan berarti Cook menutup kemungkinan terjadinya PHK. Dia juga mengatakan bahwa Apple bukan perusahaan yang kebal sepenuhnya terhadap dampak ekonomi global saat ini. Maka dari itu, peluang PHK tetap masih ada.

Sebagai upaya preventif, Apple kini mencoba lebih hati-hati dan selektif dalam melakukan perekrutan karyawan. Perusahaan juga menerapkan langkah-langkah strategis pemotongan biaya, seperti penundaan bonus dan meringkasnya menjadi satu kali reward.

Apple sebelumnya sudah memberhentikan sejumlah pegawainya pada tahun ini. Namun jumlahnya tergolong kecil jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang mencapai ribuan orang. Untungnya Apple mengambil langkah bijak pada saat pandemi melanda dunia. Pada masa itu Apple tidak meningkatkan perekrutannya secara besar-besaran sehingga mereka tidak kelebihan karyawan pasca pandemi.

Sang CEO Tim Cook pun sempat secara sukarela memotong 40% gajinya pada awal tahun 2023 untuk mencoba menghemat uang perusahaan. Meski kompensasinya turun sebesar 35 juta dollar AS, namun setidaknya Cook masih menerima sekitar 49 juta dollar AS pada tahun ini.

Topik Menarik