Sebut Perang Saudara Sudan Jadi Mimpi Buruk buat Dunia, Mantan PM: Demi Tuhan, Perang Suriah hingga Yaman Itu Kecil

Sebut Perang Saudara Sudan Jadi Mimpi Buruk buat Dunia, Mantan PM: Demi Tuhan, Perang Suriah hingga Yaman Itu Kecil

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 06:01
share

Mantan Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok mengatakan bahwa konflik bersenjata yang memburuk di negara Afrika ini dapat memicu perang saudara, yang akan menjadi "mimpi buruk bagi dunia."

"Tuhan melarang jika Sudan mencapai titik perang saudara," katanya, berbicara di sebuah acara di Nairobi, Kenya, dikutip RT .

Ia menambahkan bahwa ia yakin perang saudara di Suriah, Yaman, dan Libya akan menjadi "permainan kecil" dibandingkan dengan apa yang ia takutkan akan terjadi di Sudan.

"Saya pikir ini akan menjadi mimpi buruk bagi dunia," jelas Hamdok.

Sekitar 500 warga sipil diperkirakan telah kehilangan nyawa mereka sejak konflik pecah di negara yang bergejolak secara politik ini pada tanggal 15 April, terutama antara pasukan tentara yang dikendalikan oleh Abdel Fattah al-Burhan dan mereka yang dikendalikan oleh Mohamed Hamdan Daglo atau yang dikenal sebagai Hemedti, yang merupakan komandan Pasukan Pendukung Cepat (Rapid Support Forces/RSF).

Perselisihan utama antara kedua belah pihak berpusat pada rencana integrasi RSF ke dalam tentara Sudan yang sudah ada.

Kedua belah pihak yang bertikai telah secara tentatif menyetujui beberapa gencatan senjata, tetapi tidak ada yang benar-benar berlaku, karena kekerasan terus berlanjut di ibukota negara itu, Khartoum, yang telah melaporkan pemadaman listrik yang meluas, serta kekurangan makanan dan air.

Perkiraan PBB menunjukkan bahwa sekitar 75.000 orang telah mengungsi setelah pecahnya pertempuran, yang juga menyebabkan pekerja asing meninggalkan negara itu secara massal.

Hamdok menambahkan bahwa ia percaya bahwa konflik ini adalah "perang yang tidak masuk akal".

"Tidak ada seorang pun yang akan keluar sebagai pemenang. Itulah mengapa ini harus dihentikan," katanya.

Hamdok digulingkan dari kekuasaan di Sudan oleh panglima militer Abdel Fattah al-Burhan pada Oktober 2021, dalam sebuah peristiwa penting di tengah transisi yang rapuh menuju pemerintahan demokratis di negara itu.

Dia kembali ke pemerintahan di bawah ketentuan pembagian kekuasaan dengan tentara al-Burhan sebelum memilih untuk mengundurkan diri pada bulan Januari, di tengah klaim oleh beberapa demonstran bahwa hubungan Hamdok dengan tentara hanya berfungsi untuk membantu memberikan stempel pada pengambilalihan kekuasaan oleh militer.

Sudan sebelumnya diperintah oleh pemimpin otoriter Omar al-Bashir antara tahun 1993 dan 2019, sebelum ia juga dicopot dari jabatannya setelah protes massal yang berujung pada kudeta militer.

Topik Menarik