Cara Hapus Info Pribadi dari Hasil Pencarian Google

Cara Hapus Info Pribadi dari Hasil Pencarian Google

Teknologi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 12:51
share

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Cara hapus info pribadi dari hasil pencarian Google sangat menarik untuk diulas. Pasalnya tidak jarang kita akan merasa risih jika info pribadi kita bisa diakses dengan bebas oleh semua orang.

Cara hapus info pribadi dari hasil pencarian Google cukup mudah untuk dilakukan. Pasalnya mulai tahun lalu, raksasa teknologi tersebut memperluas cara bagi pengguna untuk menghapus hasil pencarian.

Sebelumnya, pengguna harus memenuhi standar yang sangat tinggi untuk bisa menghapus data sensitif mereka. Langkah-langkah untuk melakukannya cukup memakan waktu dan proses yang panjang.

Lantas bagaimana cara hapus info pribadi dari hasil pencarian Google? Untuk mengetahui jawabannya, simak paparan berikut, seperti dilansir dari Wired , Senin (1/5/2023).

Untuk memulai proses penghapusan info pribadi dari hasil pencarian Google, kunjungi halaman Google dengan opsi dukungan topik. Gulir setengah ke bawah, dan klik tombol Mulai permintaan Penghapusan berwarna biru.

Nantinya akan muncul pertanyaan apakah telah menghubungi pemilik situs web, jawab dengan Tidak. Saat Google menanyakan apa yang ingin dihapus, pilih Info pribadi, seperti nomor ID dan dokumen pribadi.

Selanjutnya tentukan jenis informasi pribadi apa yang muncul di Google Penelusuran, seperti detail kontak atau SIM. Perlu dicatat, langkah-langkah ini hanya untuk menghapus hasil dari situs web aktif.

Centang kotak yang menunjukkan bahwa konten tersebut aktif. Nantinya akan muncul pertanyaan yang berkaitan dengan doxxing, yang Google definisikan sebagai informasi kontak yang dibagikan dengan maksud jahat.

Setelah itu, Google bakal meminta nama lengkap, negara tempat tinggal, dan email yang digunakan. Pastikan mengirimkan permintaan penghapusan untuk hasil yang berkaitan dengan data yang terkaitbdengan email.

Di sini Google memungkinkan pengguna untuk mengirimkan hingga 1.000 tautan sekaligus. Google meminta URL dari konten atau gambar yang menyinggung, dan dimana info pribadi yang ingin dihapus muncul.

Saat mengisi URL dari konten yang ingin dihapus, jangan lupa lampirkan tangkapan layar yang menunjukkan di mana info pribadi muncul di halaman web. Masukan juga informasi tambahan lainnya.

Tunggu hingga Google mengirim email konfirmasi yang menunjukkan bahwa permintaan penghapusan telah diterima. Jika permintaan tidak diterima, Google akan memberikan alasannya dalam email.

Topik Menarik