Cara Menghapus Informasi Pribadi di Pencarian Google

Cara Menghapus Informasi Pribadi di Pencarian Google

Teknologi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 13:25
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak warganet yang mencari cara menghapus informasi pribadi dari hasil pencarian Google. Bagi sebagian orang akan risih bila informasi pribadi bisa diakses dengan bebas orang lain.

Cara hapus info pribadi dari hasil pencarian Google cukup mudah dilakukan. Sebab, mulai tahun lalu, raksasa teknologi tersebut memperluas cara bagi pengguna menghapus hasil pencarian.

Sebelumnya, pengguna harus memenuhi standar sangat tinggi untuk bisa menghapus data sensitif mereka. Langkah-langkah untuk melakukannya cukup memakan waktu dan proses panjang.

Lantas bagaimana cara hapus info pribadi dari pencarian Google? Dilansir dari Wired , Senin (1/5/2023) berikut ulasannya.

Untuk memulai proses penghapusan info pribadi dari hasil pencarian Google, kunjungi halaman Google dengan opsi dukungan topik. Gulir setengah ke bawah, dan klik tombol mulai permintaan Penghapusan berwarna biru.

Nanti akan muncul pertanyaan apakah telah menghubungi pemilik situs web, jawab Tidak. Saat Google menanyakan apa yang ingin dihapus, pilih Info pribadi, seperti nomor ID dan dokumen pribadi.

Selanjutnya tentukan jenis informasi pribadi apa yang muncul di Google Penelusuran, seperti detail kontak atau SIM. Perlu dicatat, langkah-langkah ini hanya untuk menghapus hasil dari situs web aktif.

Centang kotak yang menunjukkan konten tersebut aktif. Nantinya akan muncul pertanyaan yang berkaitan dengan doxxing, yang Google definisikan sebagai informasi kontak yang dibagikan dengan maksud jahat.

Setelah itu, Google bakal meminta nama lengkap, negara tempat tinggal, dan email yang digunakan. Pastikan mengirimkan permintaan penghapusan untuk hasil yang berkaitan dengan data terkait email.

Di sini Google memungkinkan pengguna mengirimkan hingga 1.000 tautan sekaligus. Google meminta URL dari konten atau gambar menyinggung, dimana info pribadi yang ingin dihapus muncul.

Saat mengisi URL dari konten yang ingin dihapus, jangan lupa lampirkan tangkapan layar yang menunjukkan di mana info pribadi muncul di halaman web. Masukan juga informasi tambahan lain.

Tunggu hingga Google mengirim email konfirmasi yang menunjukkan permintaan penghapusan telah diterima. Jika permintaan tidak diterima, Google akan memberikan alasan dalam email.

Topik Menarik