Pengguna WhatsApp Android Bakal Bisa Transfer Chat Tanpa Google Drive

Pengguna WhatsApp Android Bakal Bisa Transfer Chat Tanpa Google Drive

Teknologi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 12:20
share

JAKARTA WhatsApp akan segera merilis fitur baru yang menguntungkan pengguna Android . Yakni, memungkinkan penggunanya mentransfer chat tanpa backup atau cloud. Dengan begitu pengguna tidak perlu lagi khawatir jika lupa mencadangkan obrolan.

WhatsApp memang memiliki fitur penting yakni mencadangkan pesan ke Google Drive yang membantu pengguna mentransfer obrolan ke perangkat Android lainnya.

Namun, salah satu kekurangan fitur ini adalah, pesan tidak akan bisa dibuka pada ponsel yang berbeda jika belum dicadangkan. Nah, fitur baru WhatsApp tersebut akan mengatasi hal ini. Cara Memindahkan Obrolan WhatsApp Tanpa Google DriveBerdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur transfer obrolan ini baru hadir untuk pengguna WhatsApp beta Android versi v2.23.9.19. Hasil dari tangkapan layar pengguna menunjukkan fitur ini bisa memindahkan obrolan mereka secara lokal antar perangkat Android tanpa bantuan Google Drive. Fitur transfer obrolan bisa diakses melalui Setelan WhatsApp. Setelah itu masuk ke opsi Chat dan akan terlihat beberapa pilihan di bagian kiri bawah layar. Salah satu opsinya yaitu Chat Transfer.

Fitur ini membutuhkan dua perangkat Android. Kemudian perangkat baru diharuskan memindai kode QR pada perangkat lainnya untuk memindahkan obrolan WhatsApp, demikian seperti dilansir dari Gizmochina.

Sayangnya, sampai saat belum diketahui kapan jadwal rilis fitur transfer obrolan WhatsApp. Fitur ini masih terbatas untuk pengujian beta dan belum tersedia pada aplikasi WhatsApp versi terbaru sekalipun. Masih perlu waktu bagi WhatsApp untuk menyempurnakan fitur transfer obrolan sebelum benar-benar diluncurkan ke publik. Meski kehadiran transfer obrolan terkesan lebih sederhana, pencadangan Google Drive sepertinya masih akan tetap digunakan. Hal ini dikarenakan obrolan WhatsApp akan tersimpan di cloud dan tidak akan terpengaruh sekalipun pemiliknya kehilanganponsel.

(dan)

Topik Menarik