Ini Fungsi Tombol F1 Sampai F12 di Keyboard, Wajib Tahu

Ini Fungsi Tombol F1 Sampai F12 di Keyboard, Wajib Tahu

Teknologi | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 12:20
share

JAKARTA Tombol F1 sampai F12 dapat ditemukan di bagian atas keyboard pada sebagian besar laptop dan komputer. Setiap tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan dapat digunakan untuk membantu pengguna melakukan berbagai tindakan.

Dengan memahami fungsi setiap tombol, dapat meningkatkan efisiensi penggunaan komputer dan aplikasi yang digunakan. Jangan ragu untuk mencoba memfungsikan tombol-tombol ini saat menggunakan komputer. Apa saja fungsi dari tombol F1 sampai F12? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Fungsi Tombol F1 Membuka bantuan Membuka panduan penggunaan Mengakses BIOS Mengakses menu pengaturan sistem

Tombol F1 digunakan untuk memanggil bantuan atau panduan pada program yang sedang digunakan. Ketika tombol F1 ditekan, maka akan muncul jendela bantuan atau panduan yang berisi informasi mengenai program tersebut.

2. Fungsi Tombol F2 Memindahkan kursor Menyunting teks Mengubah nama file

Tombol F2 digunakan untuk mengedit teks atau formula pada program seperti Microsoft Excel. Ketika tombol F2 ditekan, pengguna dapat langsung mengedit teks atau formula tanpa harus menggunakan mouse.

3. Fungsi Tombol F3 Mencari teks Mengakses fungsi pencarian Mengakses fungsi Spellcheck

Tombol F3 digunakan untuk memunculkan jendela pencarian (search) pada program yang sedang digunakan. Ketika tombol F3 ditekan, pengguna dapat langsung memasukkan kata kunci untuk mencari data atau informasi yang diinginkan.

4. Fungsi Tombol F4 Mengakses menu drop-down Membuka URL di browser Mengakses alamat bar browser

Tombol F4 digunakan untuk memunculkan menu dropdown pada program seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Pengguna dapat menggunakan tombol F4 untuk memilih opsi yang tersedia pada menu dropdown.

5. Fungsi Tombol F5 Merefresh halaman Memulai slide show Membuka pengaturan keyboard

Tombol F5 digunakan untuk memperbarui atau merefresh halaman pada program seperti browser atau program pengolah kata. Ketika tombol F5 ditekan, maka halaman atau dokumen yang sedang dibuka akan direfresh atau diperbarui.

6. Fungsi Tombol F6 Membuka kunci touchpad Membuka menu pilihan Membuka address bar

Tombol F6 digunakan untuk memindahkan fokus ke bagian berikutnya pada program yang sedang digunakan. Ketika tombol F6 ditekan, maka fokus akan dipindahkan ke area atau elemen berikutnya pada program.

7. Fungsi Tombol F7 Mengakses fitur ejaan dan tata bahasa Mengaktifkan dan menonaktifkan penyorotan sintaks Memperbesar tampilan dokumen

Tombol F7 digunakan untuk memunculkan jendela pemeriksaan ejaan (spell check) pada program seperti Microsoft Word. Ketika tombol F7 ditekan, pengguna dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa pada dokumen yang sedang dibuat atau diedit.

8. Fungsi Tombol F8 Mengaktifkan dan menonaktifkan mode aman Memperbaiki startup Windows Menyembunyikan dan menampilkan tulisan biru di layar

Tombol F8 memiliki berbagai fungsi, tergantung pada program yang sedang digunakan. Pada Microsoft Word, tombol F8 digunakan untuk memulai mode pencarian. Sedangkan pada program komputer lainnya, tombol ini dapat digunakan sebagai tombol pengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu.

9. Fungsi Tombol F9 Mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi touchpad Mengatur pengaturan wireless Mengakses dokumen terbaru

Tombol F9 digunakan untuk melakukan refresh atau pembaruan pada dokumen atau halaman web yang sedang dibuka. Di Microsoft Outlook, tombol F9 digunakan untuk mengirim dan menerima email.

10. Fungsi Tombol F10 Membuka menu pilihan Memperbesar dan memperkecil tampilan Mematikan layar

Tombol F10 berfungsi untuk membuka menu di atas program yang sedang aktif. Anda dapat menggunakan tombol ini untuk mengakses menu File, Edit, View, dan lain-lain pada aplikasi tertentu.

11. Fungsi Tombol F11 Mengaktifkan dan menonaktifkan mode fullscreen Mengaktifkan dan menonaktifkan mode sleep Memperkecil dan memperbesar tampilan

Tombol F11 digunakan untuk memasukkan mode layar penuh pada browser web atau aplikasi. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat menghilangkan toolbar dan menu dari layar, sehingga memperbesar tampilan aplikasi.

12. Fungsi Tombol F12 Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur print screen Mengakses menu developer tools Memulai dan menghentikan pemutaran video

Tombol F12 digunakan untuk membuka menu Save As pada aplikasi seperti Microsoft Word atau Excel. Anda dapat menggunakan tombol ini untuk menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda atau menyimpan file dalam format lain.

(wib)

Topik Menarik