Ini Daftar 19 Aplikasi Android Berbahaya, Segera Hapus!

Ini Daftar 19 Aplikasi Android Berbahaya, Segera Hapus!

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 17:50
share

IDXChannel - Ada jutaan pengguna Android di seluruh dunia yang perlu segera menghapus 19 aplikasi berbahaya. Alasannya adalah semua aplikasi ini dapat mencuri data dan meminta uang tebusan yang sangat besar.

Baru-baru ini, sebuah perusahaan anti-malware melakukan penelitian dan memperingatkan jutaan pengguna untuk melindungi diri dari aplikasi tertentu. Perusahaan yang dimaksud adalah Malwarefox.

Malwarefox memperingatkan bahwa lebih mudah bagi peretas untuk mengendalikan perangkat Android daripada iOS. Biasanya peretas menggunakan aplikasi jahat untuk menyusup ke perangkat pengguna.

Mirisnya, mayoritas pengguna Android menggunakannya tanpa mengambil langkah peningkatan keamanan apa pun. Padahal semua aplikasi ini mengandung adware, spyware, dan trojan.

Jika para pengguna tidak segera menghapus 19 aplikasi berbahaya ini, mereka akan memasukkan kode atau file berbahaya ke dalam perangkat. Ini berlaku baik bagi perangkat tablet, smartphone, dan lainnya.

Adapun malware berbahaya yang terkandung dalam aplikasi berbahaya ini antara lain malware Joker, Haryl, dan juga Autolycos.

"Joker adalah spyware yang mengumpulkan daftar kontak, pesan SMS, dan detail tentang perangkat yang terpengaruh. Joker juga memiliki kemampuan untuk mendaftarkan perangkat ke layanan premium tanpa persetujuan pemilik, sehingga menghasilkan uang dari infeksi malware," kata Malwarefox.

"Sementara trojan Haryl mendapatkan data tentang perangkat pengguna secara tidak benar, khususnya data tentang jaringan seluler. Seluruh muatan terkandung dalam aplikasi oleh keluarga Trojan Harly, yang menggunakan berbagai teknik untuk memecahkan kode dan meluncurkannya," lanjutnya.

Berikut ini adalah daftar 19 aplikasi berbahaya yang perlu segera dihapus dari perangkat, seperti dilansir dari Gizchina pada Kamis (27/4/2023):

- Vlog Star Video Editor.
- Creative 3D Launcher.
- Wow, Beauty Camera.
- Gif Emoji Keyboard.
- Instant Heart Rate Anytime.
- Delicate Messenger.
- Simple Note Scanner.
- Universal PDF Scanner.
- Private Messenger.
- Premium SMS.
- Blood Pressure Checker.
- Cool Keyboard.
- Paint Art.
- Color Message.
- Fare Gamehub and Box.
- Hope Camera-Picture Record.
- Same Launcher and Live Wallpaper.
- Amazing Wallpaper.
- Cool Emoji Editor and Sticker.


(DKH)

Topik Menarik