5 Negara Tertinggi di Dunia, Nomor 1 Dijuluki Naga Guntur

5 Negara Tertinggi di Dunia, Nomor 1 Dijuluki Naga Guntur

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 09:29
share

NEGARA tertinggi di dunia menarik untuk dibahas. Di beberapa belahan bumi memang terdapat wilayah yang terbilang sangat tinggi.

Mengutip dari World Atlas , wilayah di daerah Himalaya menempati urutan teratas daftar negara tertinggi.

Penasaran? simak 5 negara tertinggi di dunia berikut ini.

10 Larangan Aneh saat Berlibur di Bhutan yang Wajib Traveler Tahu!

1. Bhutan

Bhutan yang dijuluki Negeri Naga Guntur menempati urutan teratas dalam daftar negara tertinggi di dunia. Berdasarkan World Atlas, negara ini didominasi oleh puncak Himalaya Besar dengan Gangkhar Puensum jadi titik tertinggi di sana.

Ilustrasi

Bhutan

Bayangkan saja, gunung tersebut memiliki puncak yang ketinggiannya mencapai 24.840 kaki di atas permukaan laut.

5 Fakta Unik Bhutan, Negara Kecil yang Tak Punya Lampu Lalu Lintas

2. Nepal

Posisi kedua negara tertinggi di dunia diduduki oleh Nepal. Ketinggian di Nepal secara keseluruhan mencapai 10.715 kaki di atas permukaan laut.

Ilustrasi

Namun begitu, Nepal juga didominasi puncak tertinggi dunia, termasuk juga Gunung Everest yang ketinggiannya sampai 29. 035 kaki.

10 Larangan Unik di Nepal bagi Turis Asing, Makan Sapi hingga Umbar Kemesraan

Bandara Tenzing Nepal (Shutterstock)

3. Tajikistan

Negara tertinggi di dunia selanjutnya ada Tajikistan. Rata-rata ketinggian seluruh negara mencapai sekitar 10.445 kaki di atas permukaan laut.

Adapun di sana terdapat pegunungan tertinggi di Tajikistan barat bernama Turkestan yang mencapai 18.077 kaki, Tajikistan sendiri berada di sabuk seismik. Hal ini membuat negara tersebut tak jarang diterpa gempa bumi.

4. Kyrgyzstan

Negara Kyrgyzstan diselimuti pegunungan dengan puncak yang tajam dan tinggi. Misalnya saja pegunungan Tian Shan dan Pamir yang \'memakan\' 65% dari negara tersebut.

Kyrgyzstan termasuk dalam negara tertinggi di dunia lantaran ketinggian rata-rata negara menyentuh angka 9.805 kaki di atas permukaan laut.

Ilustrasi

5. Lesotho

Lesotho menempati urutan berikutnya dalam negara tertinggi di dunia. Ketinggian rata-rata Lesotho mencapai 7.090 kaki di atas permukaan laut.

Diketahui, sebagian besar topografi Lesotho diselimuti oleh pegunungan Drakensberg-Maloti.

Topik Menarik