Luncurkan Cola Legend India dengan Harga Sangat Murah, Mukesh Ambani Siap Bersaing dengan Coca Cola AS!

Luncurkan Cola Legend India dengan Harga Sangat Murah, Mukesh Ambani Siap Bersaing dengan Coca Cola AS!

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 09:41
share

Perusahaan industri India Reliance yang dimiliki miliarder Mukesh Ambani menghidupkan kembali merek cola lokal bersejarah di negara tersebut dengan rencana untuk menggunakan jaringan ritelnya yang luas. Mereka juga memangkas harga untuk menantang bisnis minuman AS PepsiCo dan Coca-Cola di pasar utama.

Reliance bulan ini meluncurkan minuman Campa yang diperbarui, soda manis yang populer di India pada 1970-an dan 1980-an sebelum menghilang dari rak ketika perusahaan AS berkembang pesat dalam ekonomi liberal.

Melansir The National News di Jakarta, Selasa (28/3/23) awalnya mungkin Ambani akan merasa sulit untuk melonggarkan cengkeraman Pepsi dan Coca-Cola dari pasar yang diperkirakan Euromonitor bernilai USD4,6 miliar (Rp69 triliun) dan akan tumbuh 5 persen per tahun hingga 2027.

Para taipan lain telah mencoba bersaing dengan perusahaan minuman dan gagal, terutama Richard Branson dengan Virgin Cola miliknya.

Tetapi orang terkaya di Asia itu terkenal dapat mendisrupsi pasar telekomunikasi India tujuh tahun lalu dengan harga yang sangat murah untuk menjadikan Reliance pemain terkemuka di industri itu. Dan dia menerapkan beberapa strategi yang sama dalam usaha minuman ringannya.

"Coca-Cola dan Pepsi tidak terbiasa dengan tantangan berskala nasional, dan Reliance memiliki kekuatan finansial dan jangkauan untuk menantang mereka dengan merek lokal dengan nilai nostalgia yang tinggi," kata Amulya Pandit, konsultan di Euromonitor International.

Rencana Reliance bertujuan untuk membuka beberapa pabrik sendiri atau sebagai usaha patungan untuk memproduksi Campa, dan membawa soda ke hotel, restoran, dan penjualan dalam penerbangan, menurut sebuah sumber. Produksi Campa saat ini dialihdayakan, setelah akuisisi merek tersebut senilai USD2,7 juta (Rp40 miliar) tahun lalu.

Perusahaan ini sangat mendiskon harga di dalam toko. Botol Campa Cola dua liter dihargai 49 rupee India (60 sen AS) di toko-toko, diskon hampir 50 persen untuk harga labelnya dan sekitar sepertiga lebih rendah dari varian Coke dan Pepsi 2,25 liter, sebuah cek Reuters menunjukkan.

Botol terkecil Campa Cola dan Coke sama-sama berharga 10 rupee, sedangkan Pepsi mulai dari 12 rupee.

Harganya akan mengganggu, kata sumber itu, yang menambahkan bahwa Reliance sedang merencanakan pesta iklan selama turnamen kriket IPL yang akan datang dan sedang dalam pembicaraan dengan setidaknya tiga tim untuk menjadikan Campa sebagai mitra penyegaran mereka.

Coca-Cola mengatakan secara luas mempertahankan harga botol kecilnya tidak berubah sejak tahun lalu dan berfokus pada perluasan distribusi.

"Memiliki pemain baru di pasar menghadirkan peluang besar bagi investasi untuk mengembangkan pasar lebih lanjut," katanya.

Reliance, sebagai peritel top India akan memasok Campa ke 2.500 gerai bahan makanan dan ribuan toko non-jaringan yang lebih kecil sebagai bagian dari dorongan barang konsumen baru, dari mana ia telah menetapkan target internal pendapatan tahunan sebesar USD6,5 miliar (Rp98 triliun) dalam lima tahun.

Perusahaan juga memiliki aplikasi belanja bahan makanan dan divisi grosir yang memasok barang-barang konsumen ke 500.000 toko kecil. Perampokan cola dan barang konsumen Reliance didorong oleh T. Krishnakumar, seorang eksekutif yang bekerja selama hampir 17 tahun di Coca-Cola dalam berbagai peran kepemimpinan.

Topik Menarik