Apple Rilis Sistem Operasi iOS 16.4, Ada Pembaruan 31 Emoji hingga Isolasi Suara

Apple Rilis Sistem Operasi iOS 16.4, Ada Pembaruan 31 Emoji hingga Isolasi Suara

Teknologi | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 09:33
share

JAKARTA, celebrities.id - Apple secara resmi telah merilis sistem operasi iOS 16.4. Ada beberapa fitur yang menyertai pembaruan ini mulai dari perluasan jumlah emoji, isolasi suara untuk panggilan, hingga pemberitahuan push situs web.

Bagi pengguna dapat langsung melaluka update versi terbaru melalui Pengaturan. Lalu pilih menu Umum, dan terakhir tekan Pembaruan Perangkat Lunak.

Sistem operasi iOS 16.4 hadir hanya dua bulan setelah versi 16.3 sebelumnya diluncurkan. Seperti kebanyakan pembaruan iOS sebelumnya, pembaruan hanya memperbaiki masalah keamanan atau melakukan tweak sederhana.

Namun, dalam pembaruan emoji kali ini, para pengguna bisa lebih banyak mendapatkan pilihan emoji dan meningkatkan minat pengguna.

Hal ini kemudian berpotensi membuat tingginya permintaan untuk mengunduh. Untuk itu, pengguna diharapkan bisa lebih bersabar untuk dapat menginstal pembaruan terbaru pada perangkat masing-masing.

Sistem operasi iOS 16.4 memberikan tambahan 31 emoji baru jika beberapa variasi lainnya ikut dalam hitungan. Beberapa tambahan emoji tersebut di antaranya adalah wajah gemetar, hati merah muda yang telah lama ditunggu, dua tangan yang mendorong, simbol Wi-Fi, termasuk berbagai binatang dan benda.

Sebagaimana dikutip dari TechCrunch, Selasa (28/3/2023), pembaruan emoji ini telah mendapat persetujuan Unicode Consortium pada tahun lalu. Pada Februari, diumumkan bahwa emoji tersebut akan dibawa ke pembaruan iOS berikutnya.

Set terbarunya juga termasuk hati abu-abu dan biru muda, kipas tangan lipat, jahe, kacang polong, ubur-ubur, rusa besar, angsa, pemetik rambut, marakas, seruling, dan beberapa lainnya.

Selain emoji, pembaruan lainnya yaitu Voice Isolation atau fitur isolasi suara berguna untuk lebih memprioritaskan suara pengguna dan meredam kebisingan dari luar. Ini akan membuat suara panggilan lebih jernih karena mengabaikan suara apapun yang ada di sekitar pengguna. Fitur ini tersedia untuk panggilan FaceTime dan aplikasi VoIP lainnya

Selanjutnya ada pemberitahuan push web yang memungkinkan pengembang iOS mengirimkan notifikasi kepada pengguna (setelah meminta izin), ketika pengguna menyematkan aplikasi web ke Layar Beranda mereka.

Beberapa pembaruan lainnya juga tersedia, seperti dukungan pada duplikat foto dan video di Perpustakaan iCloud, dukungan VoiceOver di aplikasi Weather, hingga pengoptimalan Crash Detection pada iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Topik Menarik