Indonesia Berpeluang Pasok Pengemudi Logistik ke Eropa dan India, Tertarik?

Indonesia Berpeluang Pasok Pengemudi Logistik ke Eropa dan India, Tertarik?

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 16:17
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia berpeluang memasok Sumber Daya Manusia (SDM) pengemudi logistik berkualitas ke seluruh dunia, khususnya ke Eropa dan India. Pasalnya, negara-negara tersebut mengalami krisis SDM pengemudi.

Pernyataan itu, disampaikan Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi, dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (26/3/2023).

Menurut dia, fenomena kekurangan pengemudi dan minimnya keinginan kalangan muda bekerja di dunia logistik, kini sedang melanda benua Eropa. Hasil survei menunjukkan Benua Eropa kekurangan pengemudi hingga 2,6 juta orang.

Hal yang sama juga terjadi di India. Meskipun tercatat sebagai negara berpenduduk terbanyak kedua dunia, India ternyata membutuhkan sekitar 1 juta pengemudi berkualitas.

Jika kita jeli, sebetulnya Indonesia memiliki kesempatan untuk memasok kebutuhan SDM berkualitas tersebut ke seluruh dunia, ujar Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3/2023)

Apalagi, Indonesia sudah memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pengemudi Truk. Hal tersebut pun perlu didorong untuk meningkatkan posisi Indonesia dalam dunia internasional, pasalnya peningkatan kapasitas SDM tetap menjadi perhatian utama pelaku usaha logistik di dunia.

Adapun ALFI turut mengikuti FIATA HQ meeting atau acara tahunan dari anggota FIATA untuk memperkuat ikatan antara anggota komunitas FIATA. Dalam pertemuan tersebut, ALFI juga melakukan perpanjangan kesepakatan dengan FIATA dalam penggunaan dokumen FIATA bagi seluruh anggota ALFI, termasuk di dalamnya adalah dokumen FIATA B/L sebagai dokumen multimoda yang diakui oleh ICC dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Yukki menilai hal ini semakin menguatkan posisi ALFI sebagai pelaku jasa logistik dan operator angkutan multimoda di Indonesia yang diakui dunia global.

Semua anggota ALFI bisa menggunakan FIATA B/L ini dalam kegiatan angkutan multimoda, sehingga operasional dan perizinan usaha anggota menjadi lebih efektif dan efisien, pungkasnya.

Hal ini pun dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dan penelitian yang memproyeksikan Asia sebagai kawasan yang pulih lebih cepat ketimbang kawasan lain secara ekonomi dan akan menjadi pusat dari semua aktivitas logistik, baik dalam pertumbuhan maupun investasi.

Topik Menarik