Akrabnya Putin dan Erdogan Bicara lewat Telepon, Ini yang Dibahas

Akrabnya Putin dan Erdogan Bicara lewat Telepon, Ini yang Dibahas

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:45
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, melalui sambungan telepon, Sabtu (25/3/2023). Kedua pemimpin membahas kesepakatan ekspor biji-bijian Rusia-Ukraina melalui pelabuhan Laut Hitam yang berlanjut untuk 120 hari mendatang.

Kremlin menyatakan, Erdogan berterima kasih kepada Putin atas sikap positifnya dalam memperpanjang kesepakatan biji-bijian dengan Ukaraina.

(Erdogan) Memahami sikap berprinsip Rusia dalam mencapai implementasi penuh bagian kedua dari perjanjian tersebut, menghilangkan hambatan bagi produk pertanian Rusia, bunyi pernyataan Kremlin, dikutip dari Reuters.

Rusia pada Senin lalu memberikan syarat untuk menyetujui perpanjangan kesepakatan ekspor biji-bijian dengan Ukraina.

Presiden Putin mengatakan, Rusia bisa saja mengirim biji-bijian itu secara gratis ke negara-negara Afrika jika persyaratannya tidak dipenuhi.

Lebih lanjut kedua pemimpin juga membahas hubungan kedua negara. Putin dan Ergodan menyampaikan rasa puas dengan dinamika positif hubungan perdagangan dan ekonomi Rusia dan Turki.

Selain itu keduanya mengapresiasi keberhasilan implementasi proyek strategis bersama di sektor energi, termasuk pasokan gas dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Akkuyu, Turki.

Kremlin menyatakan, kedua pemimpin juga membahas normalisasi hubungan Turki dan Suriah.

Topik Menarik