5 Merek Smartphone Terbaik di Dunia, iPhone dan OPPO Rajai Pasar?

5 Merek Smartphone Terbaik di Dunia, iPhone dan OPPO Rajai Pasar?

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:19
share

JAKARTA, celebrities.id - Smartphone sudah menjadi kebutuhan khusus di zaman yang serba modern. Alhasil sejumlah perusahaan terus mengembangkan smartphone dengan kualitas canggih dan tangguh.

Untuk banyak kalangan, lima merek ponsel teratas dalam hal pengapalan berputar di sekitar Oppo, Vivo, Xiaomi, Apple, dan Samsung. Sayangnya, belakangan ini terjadi penurunan terus menerus di pasar smartphone. Namun begitu beberapa merek tampaknya tak terpengaruh.

Sejumlah merek tersebut di antaranya adalah Apple yang berhasil menemukan cara untuk bisa bertengger di posisi puncak pasar smartphone global.

Seperti dilansir dari Gizchina, Jumat (24/3/223), passar smartphone global sendiri tercatat turun 19 persen dari tahun ke tahun menjadi 302,6 juta perangkat pada kuartal keempat tahun 2022. Ini menurut statistik terbaru dari firma riset pasar, Counterpoint.

Apple menentang tren tersebut pada kuartal keempat 2022, dengan pengiriman meningkat sebesar 42 persen. Berkat performa hebat dari seri iPhone 14, Apple mengambil alih posisi Samsung sebagai merek terkemuka di dunia yang menguasai 23 persen pangsa pasar.

Sementara pengiriman Samsung tercatat turun 16 persen per tahun dan 9 persen per kuartal menjadi 58,3 juta, hanya 15 persen dari kuartal tersebut. Diikuti oleh Xiaomi, merek Cina pertama dan perusahaan ketiga dengan pangsa pasar 11 persen. Tiga berikutnya, OPPO, Vivo, dan Honor.

Selain Apple, OPPO adalah satu-satunya dari mereka yang tumbuh dari bulan ke bulan. Ini juga mengalami lonjakan 4 persen, meskipun tidak terlalu signifikan seperti Apple. Tapi perlu dicatat bahwa pada tahun 2022, pengiriman tahunan smartphone turun 12 persen menjadi 1,2 miliar perangkat, jumlah terkecil sejak 2013.

Topik Menarik