Mengenal Sejarah Singkat Microsoft

Mengenal Sejarah Singkat Microsoft

Teknologi | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 13:14
share

Microsoft Corporation dikenal sebagai perusahaan pengembang sistem perangkat lunak dan aplikasi. Microsoft sendiri sangat populer berkat beberapa produknya seperti Word, Excel, Power Point, Outlook, hingga OneDrive.

Seluruh perangkat lunak tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Microsoft memiliki sejarah yang cukup panjang. Berikut adalah sejarah singkatnya, dilansir dari berbagai sumber.

Pada awalnya, Microsoft didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan rekannya Paul G. Allen yang bertujuan untuk mengembangkan dan menjual juru bahasa BASIC, bahasa pemograman komputer Altair. Gates dan Allen mendirikan Microsoft yang namanya diambil dari kata microcomputer dan software.

Selama beberapa tahun berikutnya, mereka menyempurnakan BASIC dan mengembangkan bahasa pemrograman lainnya. Sampai pada tahun 1980, International Business Machines Corporation (IBM) meminta Microsoft untuk memproduksi perangkat lunak penting atau sistem operasi untuk IBM PC.

Microsoft kemudian membeli sistem operasi dari perusahaan lain, memodifikasinya, dan mengganti namanya menjadi MS-DOS (Sistem Operasi Disk Microsoft). MS-DOS dirilis dengan IBM PC pada tahun 1981.

Kala itu, sebagian besar produsen komputer pribadi melisensikan MS-DOS sebagai sistem operasi mereka. Hal ini menghasilkan pendapatan besar untuk Microsoft. Pada awal 1990-an saja, mereka telah menjual lebih dari 100 juta eksemplar program dan mengalahkan sistem operasi saingannya seperti CP/M.

Microsoft pun semakin memantapkan posisinya dalam sistem operasi dengan Windows. Pada tahun 1993, Windows 3.0 dan versi berikutnya terjual dengan sangat cepat hingga mencapai satu juta salinan setiap bulan. Hampir setiap PC di dunia menggunakan Microsoft sebagai sistem operasinya.

Pada tahun 1995 perusahaan merilis Windows 95, yang untuk pertama kalinya terintegrasi penuh MS-DOS dengan Windows.

Microsoft juga mengeluarkan perangkat lunak produktivitas seperti program pengolah kata dan spreadsheet. Microsoft terus memperluas penerbitan di sektor elektroniknya yang terkenal karena ensiklopedia multimedianya, Encarta.

Microsoft terus berkembang hingga akhirnya, pada pertengahan 1990-an Microsoft, yang menjadi perusahaan milik publik. Akhirnya Microsoft menjadi salah satu merek paling kuat dan perusahaan yang paling menguntungkan dalam sejarah Amerika.

Perusahaan secara konsisten menghasilkan keuntungan 25 sen untuk setiap dolar penjualan. Pada tahun fiskal 1996, pendapatan bersihnya sudah berhasil mencapai USD2 miliar untuk pertama kalinya.

Luar biasanya, rentetan keuntungan itu tidak terputus bahkan selama masa resesi. Pada tahun 2009 pendapatan bersihnya tumbuh menjadi USD14 miliar.

(DRA)

Topik Menarik